Notification

×

Iklan

Iklan

Hujan dan Puting Beliung Hantam Rumah dan Pohon Tumbang di Asam Kumbang

Senin, 23 Mei 2022 | 11:43 WIB Last Updated 2022-05-23T04:43:07Z

Sejumlah pohon tumbang di jalan Asam Kumbang, Sunggal. (Foto: Istimewa)



ARN24.NEWS
– Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang wilayah Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Medan, Minggu (22/5/2022) sore kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun sejumlah fasilitas umum dan rumah warga tertimpa pohon yang tumbang.


Salah satu rumah yang rusak tertimpa pohon adalah rumah milik Nek Sarinah (75) di Jalan Gudang Kapur Lingkungan 6, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang. 


Hujan deras dan puting beliung yang terjadi selain bangunan yang rusak, juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang melintang di jalan Bunga Raya - Pajak Melati, Medan Selayang. 


Komandan Batalyon Kavaleri 6 Naga Karimata (Danyonkav 6/NK) Letkol Kav. Nugraha Yudha Prawiranegara SIP menyampaikan langsung menurunkan 50 personel Yonkav 6/NK bersama warga setempat membersihkan bekas rumah warga yang terkena puting beliung dan pohon tumbang.


Menurut Danyonkav, Senin (23/5/2022), bahwa lokasi kejadian tidak jauh dari Makoyonkav/NK maka secara spontan, ia menggerakkan anggotanya untuk turun ke lokasi dengan peralatan yang ada guna membersihkan puing puing seng, material bangunan serta beberapa pohon tumbang. 


Saat personel Yonkav 6/NK dipimpin Dankikav 61 Yonkav 6/NK Kapten Kav Parmanoan Siregar, didampingi Pasiops Yonkav 6/NK Letda Kav Dynno Afrianto, berkolaborasi dengan unsur Muspika wilayah desa binaan. 


Yonkav 6/NK membantu warga mengatasi pohon tumbang di Jalan Bunga Raya sampai dengan Pajak Melati, Medan Selayang, serta membantu rumah warga yang roboh terkena hempasan angin puting beliung.


"Imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada, jauhi pohon-pohon yang rindang atau bangunan-bangunan yang rapuh, mengusahakan tidak keluar rumah di saat hujan lebat disertai angin kencang, petir/kilat," katanya. 


"Bagi pengendara motor dan mobil untuk menghindari genangan air dan tidak berteduh di bawah pohon saat hujan lebat disertai angin," tambah Danyonkav. 


Sementara itu, Lurah Asam Kumbang Endang Wastiani mengucapkan terimakasih kepada satuan Yonkav 6/NK yang telah berinisiatif dan merespon cepat terhadap kondisi wilayahnya yang membutuhkan bantuan. 


"Kami mengucapkan terima kasih atas aksi tanggap dan keberadaan satuan Yonkav 6/NK benar-benar dirasakan sangat membantu masyarakat sekitar," kata Endang. (mac/mbd)