Notification

×

Iklan

Iklan

Imbas Kecurangan, Indonesia Ancam Keluar dari AFF dan Gabung ke EAFF

Jumat, 15 Juli 2022 | 14:43 WIB Last Updated 2022-07-15T07:43:14Z

ARN24.NEWS --
Inilah akibat PSSI dan Timnas Indonesia keluar dari AFF (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara) untuk bergabung dengan EAFF (Federasi Sepak Bola Asia Timur). PSSI dan Timnas Indonesia akan mendapat beberapa manfaat jika berani keluar dari AFF untuk bergabung dengan EAFF. 

Akibat paling mengejutkan jika PSSI dan Timnas Indonesia adalah ranking FIFA bakal melonjak jika memenangi laga melawan tiga raksasa Asia Timur: Jepang, Korea Selatan dan China. Timnas Indonesia saat ini berperingkat 150 dunia setelah lolos ke Piala Asia 2023. 

Ranking FIFA Timnas Jepang menjadi tim berperingkat tertinggi di Asia Timur dengan berada di posisi 24 dunia. Timnas Korea Selatan membuntuti Jepang di posisi 28 dunia dan China di peringkat 78 dunia. Selain Ranking FIFA meroket, Timnas Indonesia akan merasakan akibat bergabung dengan EAFF terutama untuk pemain. 

Para pemain Timnas Indonesia berpeluang untuk bisa berkarier di klub elite negara EAFF seperti J.League dan K League 1. Saat ini dua pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar bermain di Ansan Greneers di K2 League. 

Sedangkan Pratama Arhan bermain di J2 League bersama Tokyo Verdy. Jika Timnas Indonesia berkompetisi di EAFF besar kemungkinan akan menambah daya jual para pemain. Diharapkan semakin banyak pemain Timnas Indonesia yang berkiprah di liga elite Asia di Jepang atau Korea. 

PSSI selaku induk organisasi sepak bola Indonesia juga akan menuai akibat bergabung dengan EAFF. Nama PSSI bakal terangkat dan semakin diperhitungkan di level Asia jika Timnas Indonesia berprestasi bagus di EAFF. (snd/nt)