Notification

×

Iklan

Iklan

Intip Keunikan Wisata Kuliner PASAR KAMU Deli Serdang, Objek Kangen Jajanan Tradisional

Selasa, 20 September 2022 | 11:15 WIB Last Updated 2022-09-20T04:17:57Z

Wisata Kuliner PASAR KAMU merupakan singkatan dari Pekan Sarapan Karya Anak Muda. Wisata kuliner ini berlokasi di Jalan Perintis, Dusun II, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang. (Foto: Istimewa)


ARN24.NEWS
-- Wisata kuliner PASAR KAMU yang lagi hits dan ramai dibicarakan. Pasalnya, di tempat ini kalian bisa merasakan sensasi kuliner bertemakan pasar tradisional layaknya seperti tempo dulu.


Wisata Kuliner PASAR KAMU merupakan singkatan dari Pekan Sarapan Karya Anak Muda. Wisata kuliner ini berlokasi di Jalan Perintis, Dusun II, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.


Lokasi tersebut juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Medan, hanya berjarak sekitar 32 Kilometer. Jika kamu berangkat dari Medan seenggaknya harus berangkat dari Subuh agar dapat sampai paling tidak pukul 07.00 WIB untuk dapat menikmati kuliner sarapan di PASAR KAMU.


Diketahui, PASAR KAMU pertama kali buka pada tanggal 9 Agustus 2020 oleh Kawan Lama Area, salah satu komunitas Anak Muda Desa Denai Lama yang diketuai oleh Dedy Sofyan dan Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Deli Serdang. 


Mereka mendesain pasar ini layaknya pasar tradisional seperti zaman dahulu dengan dominasi kulinernya yaitu kuliner Melayu dan Jawa sesuai dengan mayoritas warga yang ada di sekitar daerah Kampung lama.



Wisata ini uniknya hanya buka di hari Minggu atau hari Ahad dan durasi operasionalnya berkisar 4 – 5 jam saja. Karena konsepnya ialah wisata kuliner sarapan tradisonal. Jadi menyesuaikan dengan waktu sarapan.


Dilansir dari alonesia.com, makanan yang disajikan ialah beraneka makanan tradisional Indonesia dan didominasi kuliner khas Melayu dan Jawa, seperti Gatot, Tiwul, Gudeg, Nasi Telang, Kue Krakas dan masih banyak lagi. Dan juga beraneka minuman tradisonal.


Suasana tradisional juga semakin lengkap karena hampir semua penjual makanan memakai pakaian tradisional. 


Selain itu, suguhan seni tradisional yang ditampilkan oleh para pemain alat musik tradisional menambah nikmatnya suasana di tempat ini. Tidak berhenti di situ, di sini juga tersedia berbagai macam permainan tradisional yang dapat dimainkan oleh para pengunjung.



Selain itu, keunikan dari wisata kuliner PASAR KAMU yaitu para pengunjung dapat merasakan sensasi bertransaksi seperti zaman dahulu. Untuk melakukan transaksi pembayaran pengunjung tidak menggunakan uang. Tetapi menggunakan alat bayar bernama “Tempu”, sebuah koin dari tempurung kelapa, yang bernilai Rp2 ribu untuk satu koinnya.


Untuk mendapatkan Tempu pengunjung bisa menukar uang di loket pembelian. Apabila Tempu tidak habis, pengunjung bisa menukarnya kembali ke dalam rupiah di loket Refund.


Selain menwarkan kuliner tradisional, pihak pengelola juga menyediakan home stay atau penginapan buat wisatawan yang ingin bermalam di tempat ini. Kemudian menyediakan jasa foto keliling, berkuda, dan paket wisata edukatif untuk menambah kenikmatan ketika berada di PASAR KAMU.


Buat kalian yang ingin berwisata baik sendiri, bareng sahabat, teman, dan keluarga jangan lupa untuk berkunjung ke PASAR KAMU. Di sini kamu akan merasakan sensasi pasar tradisional tempo dulu dengan penuh warna dan kebahagiaan. (rfn/net)