Notification

×

Iklan

Iklan

Piala Dunia 2022 Grup F: Tersengat Gol Cepat, Kroasia Sikat Kanada 4-1

Senin, 28 November 2022 | 01:27 WIB Last Updated 2022-11-27T18:27:45Z

Kroasia merayakan kemenangan pertama di Piala Dunia 2022. (REUTERS/MARKO DJURICA)

ARN24.NEWS
– Kroasia mengalahkan Kanada dalam laga matchday kedua Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan, Minggu (27/11/2022) malam.


Pertandingan baru berjalan 68 detik, Alphonso Davies mencetak gol yang membuat Kanada memimpin 1-0. Gol tercepat di Piala Dunia 2022 itu merupakan hasil serangan cepat Kanada. Davies mencetak gol setelah menerima umpan Tajon Buchanan.


Gol tersebut menyentak Kroasia yang lantas bereaksi dengan mencoba bermain lebih agresif. Sebuah upaya crossing dari Andrej Kramaric masih bisa diamankan kiper Milan Borjan di dekat mistar gawang.


Kroasia mencoba menguasai bola dengan harapan bisa mencetak gol penyama kedudukan. Kanada yang tampil percaya diri bisa bermain bertahan dengan baik dan tetap berupaya menambah gol.


Memasuki menit ke-26 Andrej Kramaric membuat bola bersarang di gawang Kanada, namun wasit menganulir gol tersebut karena offside.


Peluang lain bagi Kroasia hadir pada menit ke-36 ketika Marko Livaja mencoba menuntaskan umpan di dalam kotak penalti. Borjan kembali melakukan penyelamatan yang mengamankan gawang Kanada.


Hanya berselang semenit kemudian Kramaric mencetak gol yang membuat skor setara 1-1. Umpan dari Ivan Perisic ke kotak 16 tidak disia-siakan Kramaric.


Kroasia malah berbalik unggul pada menit ke-44 melalui gol Marko Livaja dari luar kotak penalti setelah menerima umpan dari Josip Juranovic.


Kanada membuka babak kedua dengan sebuah peluang dari Jonathan Osorio. Bola yang ditendang masih menyasar tipis dari gawang Kroasia.


Serangan dibalas serangan. Kroasia tak tinggal diam untuk menamabah gol. Umpan Luka Modric coba dituntaskan Kramaric, namun Borjan melakukan penyelamatan krusial pada menit ke-55.


Semenit kemudian Jonathan David yang memiliki peluang dan tepisan kiper Dominik Livakovic membuat Kroasia masih memimpin.


Memasuki menit ke-70 Kroasia mengubah skor menjadi 3-1. Kramaric mencetak gol kedua di laga ini. Umpan dari Perisic dikontrol dengan baik oleh Kramaric. Tak kalah baik dari caranya menahan bola, Kramaric juga melakukan penyelesaian peluang yang apik sehingga bola masuk ke gawang Kanada.


Peluang Kroasia memperbesar kedudukan pada menit ke-78 dari Ivan Perisic dan Marcelo Brozovic digagalkan Borjan.


Memasuki masa injury time, Kroasia menambah satu gol. Kesalahan Kamal Miller, dimanfaatkan Mislav Orsic untuk menggiring bola ke kotak penalti dan kemudian mengumpan kepada Lovro Majer yang mencetak gol menjadi 4-1 dan bertahan hingga akhir laga. (nva/ptr)