Notification

×

Iklan

Iklan

SMAN 8 Medan Gelar FGD, Kepsek Rosmaida Purba Harapkan Siswa Lebih Maju Meraih Masa Depan

Senin, 21 November 2022 | 16:57 WIB Last Updated 2022-11-21T09:59:56Z

Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 8 Medan, Dra. Rosmaida Asianna Purba, M.Si ketika memberikan sambutan pada acara Focus Group Discussion (FGD) di Aula SMAN 8 Jalan Sampali Nomor 23, Kelurahan Pandau Hulu II, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, pada Rabu (09/11/2022) lalu. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Kerjasama yang solid antara sekolah dan wali murid bersama aparat penegak hukum (APH) berperan penting dalam memaksimalkan prestasi peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 Medan menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD). 


Kegiatan yang bertemakan "Membangun sinergitas yang unggul dan bermartabat sebagai perwujudan profil pelajar Pancasila di lingkungan SMA Negeri 8 Medan" digelar di Aula SMAN 8 Jalan Sampali Nomor 23, Kelurahan Pandau Hulu II, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, pada Rabu (09/11/2022) lalu.


Hal itu dikatakan Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 8 Medan, Dra. Rosmaida Asianna Purba, M.Si kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin, 21 November 2022.


"SMAN 8 Medan menggelar FGD dalam rangka menyambut hari Pahlawan. Kegiatan itu dilakukan bertujuan agar siswa-siswi dapat mengimplementasikan perilaku yang disiplin, bermoral, saling menghormati satu sama lain, dan bisa mengetahui jati dirinya untuk kedepannya. Seperti halnya berkarakter sesuai profil pelajar Pancasila. Jadi anak didik kita bisa mengetahui setelah masuk SMA kemana dia akan melanjutkan pendidikan, apakah ke perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi kedinasan, jadi anak didik kita bisa mengetahuinya," katanya.


Oleh karenanya, Rosmaida mengajak semua kalangan bekerjasama dalam membangun SMAN 8 Medan agar menjadi lebih baik lagi dan ikut serta berperan penting dalam memaksimalkan prestasi peserta anak didik di SMAN 8 Medan.


Rosmaida juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut anak didik SMAN 8 Medan kedepannya bisa masuk ke beberapa perguruan tinggi Negeri maupun Perguruan Kedinasan yang ada di Indonesia. 


"Sehingga anak didik SMAN 8 Medan bisa lebih maju demi masa depan mereka nantinya. Semoga anak didik kita bisa menjadi para pahlawan kedepannya, yang bisa membanggakan bangsa dan negara," kata Rosmaida Purba.


Dikatakan Rosmaida, dalam kegiatan FGD tersebut turut dihadiri Kacabdis Medan Selatan Drs. R. Zuhri Bintang, MAP, Kasat Binmas Polrestabes Medan AKBP Efendi Sinaga, Danramil Medan Kota Bapak Mayor Arh M. Rizal, S.Sos.


"Lalu, Kapolsek Medan Area Kompol, Bapak Sawangin Manurung, Koordinator Pengawas SMA Cabang Medan Selatan Bapak Drs. Marnaek Nainggolan, M.Si, Ketua Komite Bapak DR. Indra Sakti Harahap, Camat Medan Area Mewakili Sekcam Afis, Lurah Pandau Hulu 2 Mewakili, Para Guru, Wali Murid dan Para Siswa-Siswi SMAN 8 Medan," ujarnya.


Selain kegiatan FGD, sambung Rosmaida Purba, SMAN 8 Medan juga rutin menggelar kegiatan pembinaan karakter kepada siswa-siswi di bidang agama, ekstrakurikuler (ekskul) dan lainnya.


"Kegiatan ekskul terbagi dua yakni non akademik dan akademik. Nah untuk ekskul non akademik ada 10 ekskul di SMAN 8. Jadi siswa itu diarahkan dan diwajibkan untuk memilih minat bakatnya untuk kedepannya," katanya.


Untuk kegiatan ekskul akademik, sambung Rosmaida, siswa-siswi untuk kelas X dan kelas XI dilatih di bidang Kompetisi Sains Nasional (KSN). Di bidang KSN ada 7 mata pelajaran disini, jadi setiap hari Senin, para guru membina siswa-siswi untuk KSM, seperti matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, geografi dan TIK. 


"Mereka nantinya akan diseleksi untuk mengikuti perlombaan kedepannya membawa nama SMAN 8 Medan. Tak hanya itu, kita juga telah melakukan pelatihan kepada siswa-siswi kelas XII mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer atau (UTBK) yang akan digelar pada Januari 2023 mendatang," sebutnya sembari menegaskan semua kegiatan yang digelar SMAN 8 Medan dengan tanpa dikutip biaya alias gratis. (rfn)