Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi Argentina VS Australia: Sang Penghancur...(LIVE SCTV MINGGU DINI HARI PUKUL 02.00 WIB)

Sabtu, 03 Desember 2022 | 13:11 WIB Last Updated 2022-12-03T06:11:23Z

ARN24.NEWS --
Terjungkal di laga pertama, Argentina kemudian memenangi dua pertandingan berikutnya. Lionel Messi serta rekan-rekannya pun lolos ke babak gugur dan sukses menjaga ambisi untuk jadi juara. Jika ingin terus melangkah, mereka harus melewati adangan Australia. Nah, di laga perdana babak 16 besar ini, Argentina ditantang perwakilan dari Asia, Australia. 

Bertarung di Ahmad bin Ali Stadium, pertandingan ini dinilai sangai seru, Minggu (4/12/202) pukul 02.00 WIB.  Seolah-olah Timnas Australia saat ini sedang menantang 'badai' Tim Tango. Argentina lolos ke fase gugur babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar dengan menyandang status juara Grup C. Lionel Messi dan kawan-kawan berhasil menundukkan Polandia 2-0 pada pertandingan terakhir penyisihan grup. 

Di lain pihak, Timnas Australia melangkah ke babak knockout dengan titel runner-up Grup D. Seperti halnya Argentina, The Socceroos juga membukukan kemenangan pada penutup fase grup, yakni menumbangkan Denmark dengan skor tipis 1-0. Meski memetik kemenangan pada laga penutup fase grup, uniknya Argentina dan Australia juga sama-sama menelan kekalahan pada pertandingan perdana di Piala Dunia 2022 Qatar. 

Tapi mereka lantas bangkit pada 2 laga berikutnya. Dalam duel pembuka Grup C, Argentina di luar dugaan tumbang 1-2 di tangan Arab Saudi. Lionel Messi sempat membawa Tim Tango unggul 1-0 lewat eksekusi penalti pada babak pertama. Namun The Green Falcons membalikkan skor lewat Saleh Al Shehri dan Salem Al Dawsari pada paruh kedua. Di sisi lain, Australia mesti menelan kekalahan telak 1-4 di tangan sang juara bertahan Prancis, saat laga pembuka Grup D. 

Gol Craig Goodwin pada awal babak pertama, langsung dibalas rentetan gol Les Bleus lewat Adrien Rabiot, Kylian Mbappe, serta brace Olivier Giroud. Matchday 2 menjadi momentum kebangkian bagi Argentina dan Australia. Tim Tango menundukkan Meksiko 2-0, sedangkan Socceroos unggul tipis 1-0 atas Tunisia. 

Tren positif tersebut sanggup mereka pertahankan hingga matchday 3. Kini menjelang duel babak 16 besar, konsistensi Argentina dan Australia bakal diadu. Siapa di antara kedua tim ini yang sanggup mempertahankan tren positif tersebut. Di atas kertas dengan kualitas komposisi pemain yang dimiliki, jelas Timnas Argentina lebih diunggulkan untuk menang. 

Tapi Tim Tango juga tak boleh lupa bahwa mereka sempat takluk di tangan tim non unggulan seperti Arab Saudi. “Semua pertandingan itu sulit. Siapapun yang menganggap pertandingan melawan Australia akan mudah adalah salah. Kami bukan favorit. Jika Anda berpikir bahwa hanya karena kami menang hari ini (versus Polandia), maka akan memenangi Piala Dunia, Anda salah,” ucap pelatih  Argentina, Lionel Scaloni, seperti dikutip dari Reuters. 

Tak hanya fokus terhadap lawan, Scaloni juga menyoroti soal padatnya jeda jadwal pertandingan antara fase grup ke babak 16 besar. “Saya pikir sangat tidak tepat untuk bermain dalam jeda hanya sekira 2 hari, padahal kami menjadi juara grup. Saya tak bisa memahaminya,” imbuh juru taktik yang tahun lalu membawa Tim Tango juara Copa Amerika 2021 tersebut.

Catatan ARN24.NEWS 

Argentina mengawali langkahnya di Grup C dengan kekalahan 1-2 dari Arab Saudi. Sempat unggul lewat penalti Lionel Messi, Argentina kemudian kebobolan dua gol, dan catatan 36 laga tak terkalahkan mereka pun terhenti. Akan tetapi, kekalahan itu tak memadamkan semangat Argentina. Gol-gol Lionel 
Messi dan Enzo Fernandez lantas memberi Argentina kemenangan 2-0 atas Meksiko di laga kedua. 

Australia memang dipermak Prancis 1-4 pada laga pertama, tetapi, dengan permainan kolektifnya, Australia mampu menaklukkan Tunisia dan mempermalukan Denmark masing-masing dengan skor 1-0 untuk lolos ke babak 16 besar.

Dari situ, Argentina seharusnya bisa melihat bahwa Australia tak boleh dibiarkan mencuri peluang. Jika sampai kebobolan terlebih dahulu, Argentina mungkin harus tampil ganas seperti Prancis untuk membalikkan keadaan. Namun, jika Argentina mampu unggul terlebih dahulu, jalan menuju kemenangan sepertinya bakal terbuka bagi mereka.

Timnas Argentina di bawah kendali Lionel Scaloni diprediksi tetap menggunakan formasi andalan 4-3-1-2 atau 4-3-3. Lini tengah bisa dipercayakan kepada trio: Rodrigo De Paul, Enzo Fernandez, dan Alexis Mac Allister. Sedangkan barisan penggedor Tim Tango berpeluang masih menjadi milik 3 pemain kunci Lautaro Martinez, Lionel Messi, dan Angel Di Maria. 

La Pulga bisa menempati posisi sejajar di depan, maupun sedikit mundur sebagai playmaker atau penyerang lubang. Di sisi seberang, pelatih Graham Arnold agaknya takkan banyak mengubah komposisi pemain The Socceroos, seperti saat menundukkan Denmark. Duet Mitchell Duke dan Riley McGree berdiri di pos depan, dalam formasi standar 4-4-2.

Argentina memenangi 5 dari 7 pertemuan dengan Australia sejauh ini. Argentina selalu menang dalam 4 laga terakhirnya melawan Australia. Argentina mencatatkan 4 clean sheet dan tak terkalahkan dalam 6 laga terakhirnya melawan Australia. Argentina cuma kalah 1 kali dalam 39 laga terakhirnya. Argentina selalu mencetak minimal 2 gol dalam 7 dari 8 laga terakhirnya.

Argentina mencatatkan 7 clean sheet dalam 8 laga terakhirnya. Argentina selalu mencetak minimal 2 gol dalam 4 dari 5 laga terakhirnya di Piala Dunia. Australia cuma menang 7 kali dalam 15 laga terakhirnya. Australia selalu mencetak 1 gol dalam 5 dari 6 laga terakhirnya di Piala Dunia. Australia cuma menang 2 kali dalam 9 laga terakhirnya di Piala Dunia. 

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Argentina (4-3-3): Emiliano Martinez; Marcos Acuna, Nicolas Otamendi, Cristian Romero, Nahuel Molina; Alexis Mac Allister, Enzo Fernandez, Rodrigo De Paul; Julian Alvarez, Lionel Messi, Angel Di Maria. (Pelatih: Lionel Scaloni) 

Australia (4-4-2): Mathew Ryan; Aziz Behich, Kye Rowles, Harry Souttar, Milos Degenek; Craig Goodwin, Jackson Irvine, Aaron Mooy, Mathew Leckie; Riley McGree, Mitchell Duke. (Pelatih: Graham Arnold). 

HEAD TO HEAD: 
Pertemuan: 7
Argentina menang: 5
Gol Argentina: 12
Seri: 1
Australia menang: 1
Gol Australia: 7.

5 PERTEMUAN TERAKHIR: 
11/09/2007 Australia 0-1 Argentina (Friendly)
18/06/2005 Australia 2-4 Argentina (Piala Konfederasi)
30/06/1995 Argentina 2-0 Australia (Friendly)
17/11/1993 Argentina 1-0 Australia (Playoff Kualifikasi Piala Dunia)
31/10/1993 Australia 1-1 Argentina (Playoff Kualifikasi Piala Dunia).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR ARGENTINA: 
28/09/22 Argentina 3-0 Jamaika (Friendly)
16/11/22 Uni Emirat Arab 0-5 Argentina (Friendly)
22/11/22 Argentina 1-2 Arab Saudi (Piala Dunia)
27/11/22 Argentina 2-0 Meksiko (Piala Dunia)
01/12/22 Polandia 0-2 Argentina (Piala Dunia).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR AUSTRALIA: 
22/09/22 Australia 1-0 Selandia Baru (Friendly)
25/09/22 Selandia Baru 0-2 Australia (Friendly)
23/11/22 Prancis 4-1 Australia (Piala Dunia)
26/11/22 Tunisia 0-1 Australia (Piala Dunia)
30/11/22 Australia 1-0 Denmark (Piala Dunia).

STATISTIK: 
ARGENTINA Menang: 81%
Imbang: 13%
AUSTRALIA Menang: 6%
SKOR: 3 - 1 (0 : 1 3/4). (nt/sumber)