Notification

×

Iklan

Iklan

1 Rombongan 'Manusia Perahu' Pengungsi Rohingya Terdampar di Aceh Besar

Minggu, 08 Januari 2023 | 17:10 WIB Last Updated 2023-01-08T10:10:48Z

Pengungsi Rohingya yang mendarat di Lamnga Aceh Besar, Minggu (8/1/2023). (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Satu kapal yang membawa pengungsi Rohingya kembali terdampar di wilayah Lamnga, Aceh Besar. Belum diketahui jumlah para pengungsi tersebut.


Berdasarkan video diperoleh, pengungsi Rohingya itu tampak berlarian turun dari kapal yang berlabuh tak jauh dari bibir pantai. Sebagian 'manusia perahu' itu sudah berada di daratan.


Mereka turun sambil membawa barang bawaan. Di antara mereka terdapat perempuan, pria dan anak-anak.


"Mereka baru mendarat di Lamnga," kata Kabag Ops Polresta Banda Aceh Kompol Iswahyudi dilansir detikSumut, Minggu (8/1/2023).


Kapolsek Krueng Raya Ipda Rolly Yuiza Away juga membenarkan adanya satu kapal Rohingya yang mendarat di Lamnga. Dia mengaku masih di perjalanan ke lokasi.


"Informasi dari masyarakat baru mendarat. Ini lagi kita cek," jelas Rolly saat dihubungi terpisah.


Sebelumnya, nelayan Aceh melaporkan melihat tiga kapal diduga membawa pengungsi Rohingya di wilayah selatan Pulau Rondo. Namun sekarang belum diketahui keberadaannya.


"Informasi kemarin kapal itu berjarak sekitar 3 mil dari Pulau Rondo," kata Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek, pagi tadi.


Pulau Rondo adalah pulau terluar yang terletak paling ujung barat Indonesia. Pulau ini berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari Sabang.


Miftach menjelaskan, informasi keberadaan tiga kapal diduga membawa pengungsi Rohingya itu diterimanya dari Panglima Laot Ie Meulee Sabang, Saiful Bahri. (agse/dts)