Notification

×

Iklan

Iklan

Kepala Kanwil DJP Sumut I Kukuhkan Relawan Pajak 2023

Selasa, 14 Februari 2023 | 09:39 WIB Last Updated 2023-02-14T02:40:06Z
Para Relawan Pajak 2023 usai dikukuhkan oleh Kepala Kanwil DJP Sumut I, Eddi Wahyudi. 

ARN24.NEWS --
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) I Sumatera Utara, Eddi Wahyudi melepas sekaligus mengukuhkan Relawan Pajak 2023. Kegiatan ini berlangsung di Aula Istana Maimun Kanwil DJP Sumut I, Senin (13/2/2023). 

Dalam sambutannya, Eddi Wahyudi menjelaskan pengukuhan Relawan Pajak berasal dari sembilan Tax Centre yang berada di lingkungan Kanwil DJP Sumut I. Di antaranya Tax Centre USU, Tax Centre UMSU, Tax Centre Univ Pembangunan Panca Budi, Tax Centre Univ Methodist, Tax Centre Univ HKBP Nommensen, Tax Centre UMN Al Washliyah Medan, Tax Centre Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, Tax Centre Politeknik Negeri Medan dan Tax Centre IBBI. 

Tak cuma dari sembilan Tax Centre yang ada di lingkungan Kanwil DJP Sumut I, Relawan Pajak juga berasal dari tokoh masyarakat yang terdiri dari konsultan pajak tergabung dalam IKPI dan AKP2I serta tokoh masyarakat, seperti dari Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sumut, UMKM Alween Ong (Founder Mowiee Indonesia), dosen USU (Faisal Eriza dan Henry Sitorus), dosen Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (Aston L Situmorang dan Nilam K Odang) dan dosen UMSU (Surya Sanjaya). 

"Saya secara pribadi dan atas nama DJP mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kesediaan Tax Centre, Konsultan Pajak dan tokoh masyarakat mendukung program Relawan Pajak yang merupakan program nasional dari DJP," ujarnya. 

Bukan tanpa alasan adanya Relawan Pajak, sebab untuk menjadikan mahasiswa dan tokoh masyarakat sebagai mitra DJP dalam memenuhi hak dan kewajibannya sebagai wajib pajak. 

Kepala Kanwil DJP Sumut I, Eddi Wahyudi menyematkan rompi kepada seorang peserta Relawan Pajak 2023. 

"Ya, terutama dalam pengisian SPT PPh OP Tahun 2022 melalui E-Filing yang paling lambat harus dilaporkan pada 31 Maret 2023," terang Eddi Wahyudi.

Dia berharap agar para mahasiswa yang menjadi Relawan Pajak dapat maksimal dalam menjalankan tugas dan menjadikan program ini sebagai arena pembelajaran dalam menghadapi dunia kerja mau pun melayani masyarakat.

"Kita juga berharap keterlibatan tokoh masyarakat dalam program Relawan Pajak tahun 2023 ini mampu meningkatkan kesadaran dan kepatuhan para wajib pajak," tukasnya.

Di akhir acara, Eddi Wahyudi mengimbau agar para petugas DJP selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada para Relawan Pajak agar mereka mampu menjalankan tugasnya dengan baik. 

Apalagi, tambahnya, pada 2023 ini tugas Relawan Pajak bertambah seiring dengan berlakunya Undang-Undang No 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP). Salah satu amanat dari UU HPP ini adalah validasi NIK menjadi NPWP oleh para Wajib Pajak.

"Oleh karena saya berharap dalam tugasnya nanti para Relawan Pajak dapat membantu para Wajib Pajak yang akan melakukan validasi NIK menjadi NPWP tersebut di KPP Pratama dan Madya tempat mereka bertugas nantinya," tandasnya.

Diketahui, Relawan Pajak untuk mahasiswa tahun 2023 berjumlah 254 mahasiswa dari Tax Centre dan sembilan orang dari konsultan pajak ditambah tokoh masyarakat. Tax Centre USU mengirimkan 80 mahasiswa peserta Relawan Pajak yang berasal dari Fak Vokasi USU, FISIP USU, Fak Ekonomi dan Bisnis, Fak  Kesehatan Masyarakat, Fakultas Pertanian Fak Ilmu Psikologi, Program Pasca Sarjana. 

Untuk di KPP Pratama Medan Polonia ada sekira 40 orang, KPP Pratama Medan Barat sebanyak 20 orang, KPP Pratama Binjai 10 orang, KPP Madya Medan 5 orang dan KPP Madya II Medan 5 orang.
Para peserta yang dikirim ini adalah yang telah lulus mengikuti berbagai tes baik tertulis mau pun wawancara sebelumnya. Kegiatan Relawan Pajak 2023 ini berlangsung mulai 13 Februari-30 September 2023. 

Para Relawan Pajak ditempatkan di seluruh Kantor Pelayanan Pajak Pratama dan Madya yang berada di lingkungan Kanwil DJP Sumut I. Pada kesempatan ini secara simbolis Kepala Kanwil DJP Sumut I, Eddi Wahyudi menyerahkan dan menyematkan tanda pengenal plus rompi Relawan Pajak kepada perwakilan mahasiswa yang hadir secara langsung di Aula Istana Maimun Kanwil DJP Sumut I. 

Mereka adalah Louis Yap (USU) dan Ester Yolanda Br Simangunsong (Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia Medan). Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Sumut I Bismar Fahleri, Kepala KPP Pratama dan Madya di lingkungan Kanwil DJP Sumut I, Pimpinan dan Pengelola Tax Centre di lingkungan Kanwil DJP Sumut I yang tergabung dalam DPW Pertapsi Sumut, Pengurus DPP Pertapsi Indra Efendi Rangkuti, Pimpinan Organisasi Konsultan Pajak, tokoh masyarakat yang menjadi Relawan Pajak tahun 2023 dan para PIC dari seluruh KPP Pratama serta Madya di lingkungan Kanwil DJP Sumut I. (saze)