Notification

×

Iklan

Iklan

LBH Medan Terus 'Nyalakan Api' Perjuangan Untuk Pencari Keadilan

Senin, 13 Februari 2023 | 17:52 WIB Last Updated 2023-02-13T10:52:40Z

LBH Medan di bawah pimpinan direktur baru terpilih Irvan Saputra.


ARN24.NEWS – Direktur LBH Medan yang baru terpilih, Irvan Saputra SH MH menegaskan LBH Medan akan terus konsisten menjaga 'nyalanya api' perjuangan untuk para pencari keadilan.


Khususnya dalam memperjuangkan Hak Asasi Manusia (HAM) bagi masyarakat miskin, buta hukum, marginal, buruh, petani nelayan, mahasiswa, dan kelompok rentan lainnya. 


"Kita akan terus memperjuangkan untuk para pencari keadilan karena masih banyak permasalah HAM di Indonesia khususnya di Sumatera Utara ini mulai dari eksekutif, legeslatif, dan yudikatif," kata Irvan Saputra dalam keterangannya, Senin (13/2/2023).


Dijelaskannya, semisalnya di eksekutif masih banyaknya kebijakan-kebijakan yang tidak pro rakyat serta mengkhianati konstitusi dengan menerbitkan Perpu Cipta Kerja yang notabennya tidak memenuhi syarat kegentingan memaksa.


"Pasal-pasal bermasalah di KUHP diduga hal tersebut hanya untuk kepentingan oligarki," sambungnya. 


Tidak hanya itu, permasalahan terhadap aparat penegak hukum dalam hal ini sebagai contoh kepolisian. Seringnya para pencari keadilan diberlakukan secara diskriminatif ketika si miskin, buta hukum dan marginal menjadi korban dan meronta-ronta mencari keadilan hal tersebut sangat lama dan bahkan tanpa kejelasan. 


"Namun tidak sebaliknya bagi kelompok-kelompok pemodal atau orang yang mempunyai kewenangan/berpengaruh di negeri ini," ungkapnya. 


Sejalan dengan hal tersebut, permasalahan juga banyak di legeslatif dan yudikatif, sebagai contoh Undang-undang atau Revisi Undang-undang dikebut dengan cepat diduga tanpa menyerap seluas-luasnya aspirasi rakyat dan dibuat secara ugal-ugalan (Revisi UU KPK, UU Ciptakerja/Perpu, KUHP). 


"Namun tidak sebaliknya terhadap UU yang diperjuangkan rakyat," tegasnya. 


Terakhir, permasalah Yudikatif semisal masih banyaknya putusan-putusan yang tidak memberikan keadilan bagi si miskin, buta hukum dan tertindas. Namun tidak bagi pihak-pihak yang mempunyai kekuatan ekonomi dan pengaruh/jabatan.


"Terkait permasalahan tersebut, LBH Medan tetap memohon dukungan para alumni baik nasehat, masukan dan pengalamannya. Serta dukungan masyarakat, jurnalis dan para rekan-rekan NGO dalam merawat api perlawanan yang menyengsarakan rakyat melalui bantuan hukum struktural (BHS)," harapnya. 

 

Diketahui, Irvan Saputra resmi dilantik menjabat sebagai Direktur LBH Medan pada Minggu (12/2/2023) di salah satu hotel di Medan.


Pada acara itu juga digelar silaturahmi alumni LBH Medan lintas generasi dan pelantikan, LBH Medan juga mengucapkan rasa syukurnya telah berusia 45 Tahun (28 Januari 1978 - 28 Januari 2023) dan konsisten memperjuangkan hak-hak rakyat. (sh)