Notification

×

Iklan

Iklan

Alex Rins Juara MotoGP Amerika, Bagnaia Kembali Blunder Fatal

Senin, 17 April 2023 | 04:44 WIB Last Updated 2023-04-16T21:44:42Z

Alex Rins memenangkan MotoGP Amerika 2023. (USA TODAY Sports via Reuters)


ARN24.NEWS – Alex Rins berhasil jadi juara MotoGP Amerika 2023 sedangkan Pecco Bagnaia melakukan blunder fatal dan kecelakaan.


Alex Rins jadi pembalap pertama yang melintasi garis finis, unggul jauh di atas tiga detik atas Luca Marini yang ada di posisi kedua. Podium ketiga ditempati oleh Fabio Quartararo. Sedangkan posisi keempat dan kelima diduduki oleh Maverick Vinales dan Miguel Oliveira.


Pada lap pertama, Jorge Martin dan Alex Marquez sudah terlibat kecelakaan. Martin terjatuh ketika melibas tikungan dan kemudian ikut menyapu Alex Marquez yang saat itu berada di sampingnya.


Masih di lap pertama, Aleix Espargaro juga mengalami kecelakaan ketika melintasi tikungan 12. Di lap pertama, Bagnaia melakukan start apik dan ada di depan Alex Rins yang berada di posisi kedua. Jack Miller juga jadi pembalap yang menonjol lantaran bisa melesat ke posisi ketiga dari posisi start ke-10.


Saat balapan memasuki lap kelima, Bagnaia dan Alex Rins sudah menjauh dari pembalap-pembalap lainnya dengan selisih waktu lebih dari 0,7 detik.


Pada lap ketujuh, Jack Miller terjatuh. Kondisi itu membuat Fabio Quartararo berhasil naik ke posisi ketiga. Namun di sisi lain, Quartararo dan pembalap-pembalap lain sudah tertinggal dua detik lebih dari Bagnaia dan Alex Rins di depan.


Kesalahan fatal lalu dilakukan Bagnaia di lap kedelapan. Bagnaia terjatuh saat melintasi tikungan ketiga. Bagnaia pun tak bisa melanjutkan balapan. Hal ini mengulang kesalahan yang sama yang dilakukan Bagnaia di seri sebelumnya yaitu di MotoGP Argentina.


Usai Bagnaia terjatuh, Alex Rins ada di posisi terdepan dengan keunggulan di atas 2,3 detik dari Quartararo.


Joan Mir kemudian menambah deret pembalap yang terjatuh di MotoGP Amerika. Joan Mir mengalami kecelakaan pada lap kesembilan. Takaaki Nakagami jadi pembalap berikutnya yang mengalami kecelakaan.


Pada 10 lap terakhir jelang finis, posisi ketiga ditempati oleh Luca Marini yang berusaha menempel Quartararo. Marini juga sudah unggul jauh yaitu di atas tiga detik dari rombongan pembalap di belakangnya.


Luca Marini lalu berhasil menyusul Quartararo di lap ke-13. Quartararo tak mampu memberikan perlawanan balik sehingga ia justru malah makin tertinggal dari Marini.


Walau gagal mengamankan posisi kedua, Quartararo dalam posisi cukup aman untuk melindungi podium lantaran ia punya selisih tiga detik dari pembalap-pembalap di belakangnya.


Marini sendiri kesulitan mengejar Alex Rins yang sudah jauh di depan. Selisih tiga detik antara Alex Rins dengan Marini tidak berkurang hingga balapan memasuki akhir. (cnn)


Hasil MotoGP Amerika 2023

1. Alexs Rins 41 menit 14,649 detik

2. Luca Marini +3,498 detik

3. Fabio Quartararo +4,936 detik

4. Maverick Vinales +8,318 detik

5. Miguel Oliveira +9,989 detik

6. Marco Bezzecchi +12,049 detik

7. Johann Zarco +12,242 detik

8. Franco Morbidelli +20,339 detik

9. Fabio Di Giannantonio +27,981 detik

10. Augusto Fernandez +28,217 detik