Notification

×

Iklan

Iklan

Atlet Sumut Sumbang 7 Emas di SEA Games 2023

Kamis, 18 Mei 2023 | 17:53 WIB Last Updated 2023-05-18T10:53:50Z

Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Atlet asal Sumatera Utara (Sumut) turut memberikan sumbangsih kepada Kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 di Kamboja. Atlet Sumut secara keseluruhan menyumbangkan 7 emas, 3 perak, dan 8 perunggu bagi kontingen Merah Putih.


Dua di antara 7 medali emas tersebut disumbangkan pembalap sepeda Dara Latifah dari nomor MTB eliminator putri dan MTB cross country relay mixed. 


Kemudian masing-masing disumbangkan Delbert Tanoto dari cabang e-sport nomor valorent, Toni Kristian Hutapea dari kick boxing.


Lalu, trio Riva Hijraih/Eny Tri Susilowati/Riana Octavia dari cabang kun bokator beregu putri, Rosa Beatrice Malau dari wushu sanda, dan Abdul Hafiz dari atletik nomor lempar lembing.


Tiga medali perak disumbangkan Samuel Marbun dari wushu sanda dan 2 medali dari Haris Horatius dari wushu taolu. 


Sedangkan 8 medali perunggu disumbangkan Saroha Lumbantobing dari cabang tinju, Rayhan Abdul Latih dari cabang golf, Faisal Siahaan cabang karate, dan dua medali dari Dessyinta Rakawuni Banuera di cabang karate kumite beregu serta kumite perorangan. 


Kemudian tiga perunggu lainnya disumbangkan Riana Octavia dari cabang Kun bokator dan 2 dari Deslya Anggraini di cabang Kun bokator perorangan dan ganda campuran.


Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis mengakui cukup bangga dengan raihan tersebut. Sebab dari 20 atlet yang berangkat ke SEA Games 2023, 16 orang berhasil menyumbangkan medali bagi Indonesia.


"Dari 20 atlet asal Sumut yang membela Indonesia, sebanyak 16 atlet berhasil meraih medali. Meskipun para peraih medali itu tidak akan semua tampil di PON 2024 mendatang," ujar John Lubis di Medan, Rabu (17/5/2023).


Dijelaskannya, dari 20 atlet asal Sumut yang membela Indonesia, kemungkinan hanya 16 yang akan tampil di PON 2024. Sebab cabang kun bokator merupakan cabang baru dan tidak akan dipertandingkan di PON mendatang.


"Kun bokator merupakan cabang olahraga baru di SEA Games 2023. Dan, memang ada empat atlet asal Sumut yang tampil di cabang itu. Tapi tidak apa-apa, sebab 16 atlet lainnya merupakan yang terbaik di Indonesia," ungkapnya.


John juga menyebutkan bahwa raihan SEA Games 2023 ini tidak bisa dibandingkan dengan sebelumnya. Karena cabang yang dipertandingan juga berbeda. Namun dia tetap memberikan apresiasi kepada atlet asal Sumut yang telah berjuang di SEA Games 2023.


"Kita tetap memberikan apresiasi kepada atlet asal Sumut yang telah berjuang di SEA Games 2023. Kita berharap agar mereka terus meningkatkan kemampuan sehingga bisa meraih medali emas di PON 2024 mendatang," harapnya. (sh)