Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru dengan Pola Hidup Sehat

Sabtu, 20 Mei 2023 | 09:02 WIB Last Updated 2023-05-20T02:02:23Z

Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis)

ARN24.NEWS
– Paru-paru merupakan salah satu organ penting yang tidak tergantikan di tubuh, sehingga harus dijaga. Salah satu cara menjaga kesehatan paru dengan menjalankan pola hidup sehat.


Untuk menjaga kesehatan paru-paru jangan sampai ditunda. Berikut ini cara mencegah kesehatan paru-paru dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI.


Fungsi Paru-paru

Paru-paru berfungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon monoksida melalui darah. Proses yang memiliki fungsi vital terhadap tubuh tersebut disebut dengan bernapas. Sebanyak 550 liter oksigen dibutuhkan oleh manusia setiap harinya.


Paru-paru yang sehat menyediakan oksigen dalam jumlah besar untuk darah. Dampak yang diberikan bagi tubuh cukup bagus karena ketersediaan oksigen yang cukup. Hal itu memungkinkan tubuh untuk bekerja dan melakukan aktivitas dengan baik.


Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Agar kesehatan paru-paru tetap terjaga, di bawah ini adalah cara-cara yang dapat diterapkan.


1. Berhenti Merokok

Asap rokok berisi lebih dari 400 senyawa kimia berbahaya dimana 50 di antaranya menyebabkan kanker. Oleh karena itu, merokok menjadi penyebab utama dari penyakit kanker paru dan penyakit paru obstruktif kronis.


2. Cuci Tangan Menggunakan Air dan Sabun

Tangan dapat menyebarkan sebanyak 80 persen penyakit pernapasan yang menular, seperti flu dan pilek. Risiko yang disebabkan bakteri dan virus tersebut bisa dihindari dengan cuci tangan sebelum dan sesudah makan serta setelah buang air besar.


3. Hindari Polusi dan Jaga Kebersihan Udara

Polusi udara bisa menyebabkan masalah kesehatan terutama bagi penderita penyakit paru. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi udara, seperti menjaga kelembaban dalam rumah, tidak menggunakan pestisida dan lain-lain.


4. Jauhi Asap Rokok

Seseorang bukan perokok berisiko terkena penyakit sama dengan perokok bila terus menghirup asap rokok. Maka dari itu, penting menghindari menjadi perokok pasif dengan melarang perokok untuk merokok di rumah, mobil atau lingkungan kerja.


5. Lakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik perlu dilakukan secara rutin selama 30 menit setiap harinya. Contoh aktivitas fisik yang bisa menjaga kestabilan emosi dan mengelola stress yakni senam aerobik dan renang.


Penyebab Penyakit Kerusakan Paru-paru

Tanpa disadari, seringkali kita melakukan kegiatan yang mengakibatkan dampak negatif pada organ paru-paru. Beberapa kerusakan yang kerap terjadi, di antaranya:


Alergi

Infeksi virus dan bakteri

Kelebihan berat badan

Penyakit jantung, aliran darah, tekanan darah tinggi, bronchitis, asma, akibat merokok


Selain itu, ada juga penyakit yang bisa menyebabkan kerusakan atau masalah pada paru.


Asma

Bronkitis

Kanker paru

Pembengkakan paru, seperti gagal jantung

Penyakit Paru Obstruktif Kronik/PPOK

Pneumonia

Tuberkulosis (TBC)


Nah, demikian cara mencegah kesehatan paru-paru yang bisa diterapkan mulai sekarang. (dts)