Notification

×

Iklan

Perdana Digelar di PON, Gateball Sumut Target 2 Medali Emas

Kamis, 22 Juni 2023 | 19:32 WIB Last Updated 2023-06-22T12:32:23Z

Pengurus Gateball Sumut berfoto bersama seusai memaparkan kesiapan cabang olahraga yang akan diandalkan pada PON XXI/2024 mendatang. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Sumut menargetkan 2 medali emas pada arena PON XXI/2024 Aceh-Sumut mendatang. Medali emas diproyeksikan dari dua nomor triple campuran dan double campuran.


"Dasar target kita ini berdasarkan kejurnas 2022 lalu di Yogyakarta, Pengprov Pergatsi Sumut meraih peringkat 3 besar nasional dengan perolehan 1 emas di nomor double putri, 2 perak di nomor triple putri dan triple campuran," ungkap Binpres Pergatsi Sumut, Jonson didampingi Bendahara Mainila Yanti pada Posko Publikasi PON XXI/2024 di Kantor Dispora Sumut Medan, Kamis (22/6/2022) sore.


Dijelaskannya, jumlah atlet Pergatsi Sumut dalam Pelada persiapan PON saat ini berjumlab 17 orang, tiga pelatih teknik, satu pelatih fisik. Delapan nomor orang prioritas 2 super prioritas dan unggulan 7 unggulan. 


"Super prioritas adalah peralihan perolehan medali emas saat kejurnas tahun 2022 dan prioritas adalah perolehan medali perak saat kejurnas. Sedangkan unggulan adalah perolehan medali emas saat kejurda," jelasnya.


Adapun kebutuhan total atlet pada PON 2024, sambung Jonson, adalah sebanyak 26 orang, namun saat ini masih mengadakan 17 orang dan dalam SK Juli 2023 harapannya menjadi lengkap.


"Pengprov Pergatsi Sumut telah melakukan penyeleksian secara ketat baik fisik, tes parameter dan keterampilan," ujar Jonson seraya menjelaskan ke 26 atlet tersebut terdiri dari 8 putri dan 18 putra.


Langkah-langkah Pengprov Pergatsi Sumut menuju target tersebut, kata Jonson yakni pada Februari 2024 dengan presentasi latihan dan dibantu KONI Sumut mendapat pelatih SC. 


"Saat ini kita melakukan persiapan umum 75 persen khusus atau tehnik 25 persen dan dilanjutkan pada Juli nanti, presentase latihan 75 persen untuk teknik dan 25 persen untuk fisik. Mengapa terbalik, karena kita mengikuti open internasional turnamen di Subang," ujar Jonson lagi.


Jonson juga menyampaikan tempat latihan atlet gateball berada di 2 tempat, untuk pagi di Kantor Balai Besar Jalan Jembatan Sumut sedangkan sore di Lapangan Hocky Unimed.


Para atlet pelatda berasal dari kabupaten/kota di Sumut yakni dari Langkat, Deli Serdang, Nias Selatan, Gunung Sitoli, Nias Barat, Asahan, Simalungun, Tanjungbalai yang diseleksi berdasarkan prestasi dan kondisi fisik baik sesuai dengan aturan yang ditetapkan KONI Sumut.


"Kita menanamkan motivasi kepada para atlet dengan semboyan bersatu meraih emas PON 2024," ungkap Jonson seraya mengatakan Pergatsi Sumut pada PON 2024 nanti merupakan yang perdana setelah pada PON XX/2020 dicoret bersama 10 cabor lainnya dengan alasan tuan rumah tidak persiapan. 


Sementra Pengawas Pendamping (Wasping) KONI Sumut, Hendrick Napitupulu merasa optimis para atlet Gateball Sumut meraih medali mengungkap para atlet serius latihan setiap hari. Sebagai Wasping, ia terus memperhatikan keluhan atlet dan akan disampaikan ke KONI Sumut. 


"Target medali emas yang ingin dicapai di PON tersebut akan terwujud antusias, yakin akan merebut medali, baik itu emas, perak, atau perunggu," pungkasnya. (sh)