Notification

×

Iklan

Iklan

Srikandi Ganjar Sumut Belajar Membuat Belacan Bersama Milenial di Pesisir

Jumat, 01 September 2023 | 16:07 WIB Last Updated 2023-09-01T09:07:00Z

Sukarelawan Srikandi Ganjar dalam pelatihan membuat belacan atau terasi. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Sukarelawan Srikandi Ganjar mengadakan pelatihan membuat belacan atau terasi bersama para perempuan milenial di Dusun V, Desa Sei Apung, Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut).


Korwil Srikandi Ganjar Sumut Firda Annisa Sirait mengatakan dalam kegiatan yang digelar Kamis (31/8/2023) itu diikuti puluhan perempuan milenial.


“Kami dari Srikandi Ganjar Sumut berkunjung ke Asahan dalam kegiatan Girls Class: Belajar Membuat Belacan,” ujar Firda dalam keterangannya diterima, Jumat (1/9/2023).


Firda menuturkan, belacan merupakan bumbu tradisional khas Indonesia yang sudah ada dari zaman kerajaan yang berkaitan dengan sejarah berdirinya Kota Cirebon.


“Terasi terbuat dari udang maupun ikan-ikan kecil. Terasi memiliki bau yang khas dan sudah terkenal se-Asia Tenggara,” kata dia.


Maka dari itu Srikandi Ganjar Sumut melakukan kegiatan pelatihan untuk menambah skill bagi para perempuan di Sei Apung.


“Ini juga mengingatkan mereka bahwa terasi bisa menjadi penggerak ekonomi bagi mereka yang ingin berwirausaha,” katanya lagi.


Apalagi, kata Annisa, Tanjung Balai merupakan daerah pesisir yang masyarakatnya merupakan nelayan.


Sehingga usaha belacan ini merupakan prospek yang sangat menguntungkan karena minim biaya transportasi dan bisa mendapatkan bahan baku dengan harga lebih murah.


“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini lebih banyak lagi perempuan milenial yang mau berwirausaha dan dapat memanfaatkan potensi dari daerahnya serta bisa mengembangkan daerah mereka menjadi lebih baik lagi,” ujar dia.


Annisa mengatakan pelatihan ini juga sejalan dengan program kerjanya Ganjar Pranowo yang selalu mendukung para UMKM.


“Pada kegiatan ini kami juga tak lupa memperkenalkan sosok Bapak Ganjar Pranowo sebagi calon presiden 2024, dan kami mengharapkan dukungan penuh dari mereka (milenial),” katanya.


Salah satu peserta, Ramanda, mengaku senang bisa ikut pelatihan dari Srikandi Ganjar. Dia pun mengaku senang dengan sosok Ganjar yang dikenal dekat dengan rakyat.


“Karena Indonesia khususnya perempuan milenial butuh sosok pemimpin seperti Pak Ganjar yang selalu mendukung para perempuan,” ujar dia. (sh)