Notification

×

Iklan

Iklan

Kurangi Kebiasaan Ngemil Agar Tidak Obesitas

Sabtu, 16 Desember 2023 | 23:05 WIB Last Updated 2023-12-16T16:05:10Z

Ilustrasi Obesitas. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Kurangi kebiasaan ngemil agar kalian tidak obesitas. Ada beberapa upaya agar kalian tidak terkena obesitas dan itu bisa dimulai dari membatasi ngemil dan membatasi makanan yang memiliki kandungan gula, garam dan lemak.


Founder Of Powerfit Indonesia, Martina Tience Kelyombar mengatakan, jika seseorang sudah terlanjur kegemukan hingga obesitas dan sudah memiliki riwayat gangguan kesehatan, maka disarankan segera konsultasi ke dokter supaya mendapat saran agar obesitas cepat teratasi.


Sebelum lebih lanjut, katanya, wanita yang akrab disapa Coach Tience ini menjelaskan tentang obesitas merupakan kondisi di mana terjadinya penumpukan atau kelebihan lemak yang dapat menganggu kesehatan. 


Jika tidak segera ditangani, obesitas bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, hipertensi, sampai diabetes.


“Bagi kalian yang sudah mengalami obesitas, perlu mengatur pola makan sehat sesuai dengan kebutuhan asupan kalori harian dan aktif berolahraga setiap hari,” kata wanita pemilik nama lengkap Martina Tience Kelyombar ini seraya menyatakan obesitas bisa sembuh kunci utamanya 80 persen mengatur pola makan.


Untuk mengatasi obesitas, kata Coach Tience, kalian perlu memerhatikan hal-hal berikut, seperti;


Pilih Makanan yang Tepat

Untuk melakukan penanganan Obesitas, kalian bisa merancang menu makanan. Karena, kunci utama dari menghilangkan lemak saat kegemukan adalah pola makan yang sehat.


Bukan hanya sekadar menghindari Junk Food, kalian juga perlu membiasakan diri terhadap kebiasaan makan untuk memenuhi gizi seimbang sesuai kondisi tubuh. 


Misalnya, seperti memilih makanan berserat seperti oats, pasta dari gandum atau nasi merah, hindari jenis karbohidrat yang mengandung gula sederhana, perbanyak konsumsi sayur dan buah, batasi daging merah atau sumber protein hewani lainnya, konsumsi protein rendah lemak seperti tahu dan ikan.


Kemudian, gunakan jenis minyak sehat seperti minyak zaitun dan hindari makanan yang digoreng.


Olahraga

Selain mengatur pola makan, kalian juga harus berolahraga karena itu juga merupakan cara mengatasi obesitas atau sekadar sering bergerak. 


Banyak orang yang telah membuktikan dan ternyata berhasil mempertahankan berat badan mereka yang ideal dengan mengatur pola berolahraga. 


“Sebisa mungkin sisihkan waktu dalam seminggu kurang lebih 150 menit untuk berolahraga,” katanya.


Perubahan Perilaku

Dalam menangani obesitas, kalian perlu juga melakukan perubahan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. 


Karena, kata Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar dalam mengobati obesitas tidak hanya mencakup pengaturan jadwal makan saja, tapi juga pencegahan kebiasaan buruk terkait makan seperti ngemil, makan sebelum tidur dan lain sebagainya.


Aktivitas Fisik

Bagi kalian yang menderita obesitas, aktivitas fisik yang paling sesuai adalah aktivitas fisik seperti aerobik. Lakukan hal ini sebanyak 5-7 kali per minggu dengan durasi 30-60 menit setiap harinya.


“Aktivitas fisik yang bisa kalian lakukan seperti jalan cepat, berlari, bersepeda,” ujar Coach Tience. Itulah tadi empat cara agar kalian bisa mengatasi obesitas dan agar terhindar dari obesitas. Semoga bermanfaat. (ntc/sh)