Notification

×

Iklan

Iklan

Timnas AMIN Desak Bawaslu Investigasi Video Kabid SMP Disdik Medan Ajak Dukung Prabowo-Gibran

Selasa, 16 Januari 2024 | 15:07 WIB Last Updated 2024-01-16T08:07:33Z

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Medan yang juga Sekretaris PGRI Kota Medan, Andy Yudhistira saat mengampanyekan paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming kepada para guru di Medan. (Foto: Tangkapan layar video viral)


ARN24.NEWS – Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies-Muhaimin (AMIN) menanggapi video diduga Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan Andy Yudhistira yang viral di media sosial.


Dalam video itu tampak diduga Andy yang merupakan Sekretaris Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Medan itu menginstruksikan agar para kepala sekolah (Kepsek) dan guru di Medan mendukung pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.


Terkait hal itu, Juru Bicara Timnas AMIN, Iwan Tarigan menegaskan ASN tidak boleh berpolitik praktis dan menyatakan dukungan ke paslon tertentu. Apalagi, mengambil keputusan yang menguntungkan satu pihak.


"ASN tidak melakukan tindakan politik praktis yang berafiliasi dengan partai politik, serta membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan capres dan cawapres, DPR, DPD, serta DPRD," kata Iwan dalam keterangannya, Selasa (16/1/2024).


Ia menekankan agar ASN menjaga integritas dan profesionalismenya, dengan menjunjung tinggi netralitas dalam menyikapi situasi politik dan tidak terpengaruh dengan kegiatan yang mengarah pada keberpihakan atau ketidaknetralan.


"Oleh karena itu, kami meminta Bawaslu Kota Medan melakukan investigasi dan penegakan hukum," tegasnya.


Diberitakan sebelumnya, video Kabid SMP Dinas Pendidikan Kota Medan yang juga sekaligus menjabat Sekretaris PGRI Kota Medan Andy Yudhistira diduga mengajak para kepala sekolah untuk memilih pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 viral di media sosial.


Dalam unggahan dilihat arn24.news, Senin (15/1/2024) malam, menuliskan bahwa Kabid SMP Dinas Pendidikan Kota Medan, sekaligus Sekjen PGRI kota Medan (ASN), mengkampanyekan supaya kepsek kota Medan untuk mendukung paslon 02.


Tampak dari video yang beredar, Sekjen PGRI Kota Medan tengah memberikan arahan kepada sejumlah orang dalam suatu ruangan tertutup. 


Pria tersebut menyebutkan bahwa saat ini Prabowo Subianto masih memiliki kekuasaan karena menjabat Menteri Pertahanan RI. Sedangkan Gibran Rakabuming Raka adalah anak dari Presiden RI Jokowi.


"Tapi yang nomor dua ada dalam kekuasaan, apa kekuasaannya? Pak Prabowo itu Menteri Pertahanan. Mas Gibran itu adalah anak dari presiden yang sampai saat ini sampai bulan 10 nanti sama, pak wali kota," ujarnya.


Dalam pertemuan itu juga, dia mengakui PGRI mengarahkan para kepala sekolah ke politik. Sebab, katanya, jika memilih pasangan nomor urut 02 lebih menguntungkan, alangkah baiknya dipilih.


"Jadi bapak, ibu, pertanyaan saya, bapak ibu, Pak Andi, Pak Surianta mengarahkan PGRI ke politik? Benar, kita arahkan ke politik. Tapi, kita tidak dalam politik itu. Kita bukan mencalon bapak ibu. Tapi, selagi politik bisa menguntungkan kepentingan kita mengapa tidak? Dan saya tanya ada tidak dalilnya dosa? Kalau dalilnya dosa kita mundur," ungkapnya.


Dia juga mengingatkan sejumlah orang yang ada di ruangan itu agar memegang komitmen. Apalagi dia menyebutkan bahwa Gibran Rakabuming Raka merupakan kakak ipar dari Wali Kota Medan Bobby Nasution. 


Bahkan, dia juga mengingatkan orang orang yang hadir di ruangan itu bahwa Benny Sinomba yang menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, saat ini merupakan saudara dari Bobby Nasution.


“Bapak, ibu, dinas pendidikan itu dalam satu keluarga harus kita pahami. Apa yang harus kita pahami ke depan yang saya sampaikan tadi calon presiden itu nomor 2, Prabowo dan Mas Gibran. Nomor 2 bapak wali kota itu Bapak Bobby Afif Nasution, Mas Gibran itu adalah kakak ipar," katanya dalam video viral tersebut. (ans/rfn)


Simak 'Video Kabid SMP Dinas Pendidikan Medan Kampanye, Ajak Para Guru Pilih Paslon Nomor 2'