Notification

×

Iklan

Iklan

BMKG Prediksi Cuaca Panas Melanda Kota Medan Hingga Akhir Pekan Ini

Selasa, 12 Maret 2024 | 20:40 WIB Last Updated 2024-03-12T13:40:20Z

Ilustrasi cuaca panas. (Getty Images/iStockphoto/Pheelings Media)

ARN24.NEWS
– Cuaca hari pertama puasa Ramadan 2024 di Medan cukup terik. Hari ini terpantau suhu cuaca di Medan mencapai 34 derajat Celcius.


"Untuk suhu di Kota Medan dengan cuaca yang cerah berawan wajar panas karena paparan sinar matahari," ungkap Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Aryo Prasetyo Mulyo, Selasa (12/3/2024).


Lanjutnya, Aryo menyebutkan bahwa BMKG memprediksi tidak ada hujan dalam tiga hari ke depan.


"Tidak adanya potensi hujan di Kota Medan untuk tiga hari ke depan," ujarnya.


Berdasarkan data BMKG Sumut, suhu udara di Kota Medan selama tiga hari ke depan berada sekitar 32 derajat celcius dengan kelembaban udara 65-85 persen.


Tak hanya di Medan, cuaca panas juga terjadi di beberapa kabupaten kota lainnya seperti Stabat, Kabanjahe, Lubuk Pakam, Pematang Raya, Kisaran, Rantau Prapat, Sei Rampah, Lima Puluh, Pematang Siantar, Binjai, hingga Tebing Tinggi.


Sementara itu, Ketua Tim Kerja P2PM Dinkes Kota Medan Edy Yusuf menyebutkan bahwa kondisi cuaca ini, kasus penyakit ISMA ikut terkerek naik.


"Sejauh ini Kota Medan itu biasanya yang tinggi ada ISPA, nanti kalau cuaca panas masyarakat suka konsumsi es akhirnya batuk dan lain-lain seperti itu. Biasanya kasusnya agak naik dari biasanya," kata Edy.


Terkait hal ini, Edy juga mengimbau warga untuk mengonsumsi makanan yang mengandung air seperti buah-buahan dan banyak mengonsumsi air mineral pada malam hari.


"Kalau yang berpuasa ketika malam hari banyak minum air putih dan buah. Tapi kalau yang tidak berpuasa tidak masalah, mereka bisa langsung konsumsi buah dan bisa minum langsung," pungkasnya. (sh)