Notification

×

Iklan

Iklan

Kerjasama USU, Cek Kesehatan Gratis di Mabes Wa Pesek Hutan Kanal Medan Johor

Senin, 29 April 2024 | 11:46 WIB Last Updated 2024-04-29T04:47:04Z

ARN24.NEWS --
Satu persatu anggota komunitas Senam Rindu Alam di bawah naungan Warga Peduli Sekitar alias Wa Pesek memeriksakan kesehatannya. Mumpung gratis, kegiatan ini hasil kerjasama Wa Pesek dengan mahasiswi Fakultas Keperawatan USU di markas besar hutan kanal, Kecamatan Medan Johor, Minggu (28/4/2024) pagi. 

Ketua Wa Pesek, Adlin Ginting menyatakan bahwa kegiatan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar ini merupakan bentuk nyata Wa Pesek peduli warga sekitar. Tak cuma itu, pihaknya juga membuka diri bagi semua kalangan yang ingin bekerjasama dengan Wa Pesek. 

"Kegiatan ini salah satu visi misi kita di bidang sosial, kemasyarakatan, lingkungan hidup dan lainnya. Artinya apa, hadirnya Wa Pesek berdampak positif di lingkungan sekitar. Tak cuma nongkrong tapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat serta pengunjung di seputaran khususnya di Medan Johor dan umumnya Kota Medan," lirih Adlin Ginting kepada kru media ini, Senin (29/4/2024). 

Adlin pun mengucapkan terima kasih kepada mahasiswi Fakultas Keperawatan USU yang hadir di Mabes Wa Pesek Hutan Kanal. Begitu juga dengan partisipasi kaum ibu rumah tangga (IRT) yang tergabung dalam Senam Rindu Alam. 

"Saya harap kegiatan ini bukan yang pertama tapi akan berkesinambungan dengan adik mahasiwa, kalangan akademisi, pelajar, kelompok sosial lainnya serta pihak-pihak yang peduli dengan aktivitas bentuk positif dan sebagainya," harap pria yang juga dosen serta kuasa hukum ini. 

Terpantau, sebelum kegiatan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis, acara diisi dengan senam bersama komunitas Senam Rindu Alam. Pimpinan Kelompok 02 Profesi Ners Fakultas Keperawatan USU, Inggrid Pricilia Pardede menyatakan gelaran bakti sosial yang dilukan mereka mengarah kepada promosi kesehatan dan mendeteksi secara dini penyakit tidak menular. 

Ya, seperti, hipertensi, asam murat, dan diabetes. Dengan tujuan, lanjut Igrid, untuk mengaplikasikan konsep-konsep ilmu keperawatan komunitas yang diperoleh selama perkuliahan guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memberikan asuhan keperawatan.

Sedangkan target yang ingin dicapai yakni meningkatkan kesehatan komunitas Wa Pesek melalui pemeriksaan kesehatan berupa cek tensi, cek kadar gula darah dan cek kolesterol. Lalu, memberikan motivasi kepada komunitas Wa Pesek tentang pentingnya kesadaran melakukan pemeriksaan secara rutin.

"Dan yang tak penting adalah meningkatkan wawasan kepada komunitas Wa Pesek terutama di bidang kesehatan melalui penyuluhan kesehatan," urainya.

Ingrid pun berharap kehadiran Kelompok 02 Profesi Ners Fakultas Keperawatan USU mampu mengedukasi warga sekitar terutama para ibu-ibu di Senam Rindu Alam. "Kesehatan itu sangat mahal harganya, untuk itu jangan pernah memberikan 'pengecualian' dan anggap remeh dengan kesehatan," pungkasnya. (saze)