Notification

×

Iklan

Iklan

Kunjungi Desa Secanggang, KIP Sumut: Kinerja Pak Tengku Sudah Sesuai UU

Jumat, 17 Mei 2024 | 15:27 WIB Last Updated 2024-05-17T09:14:15Z

ARN24.NEWS --
Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Sumut berkunjung ke Desa Secanggang, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Kamis (16/5/2024) siang. Kehadiran Wakil Ketua KIP Sumut Drs Edy Syahputra didampingi Kepala Divisi (Kadiv) Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI) Syafii Sitorus, itu salah satunya memberikan pencerahan tentang keterbukaan informasi publik. 

Dalam pertemuan itu, Wakil KIP Sumut, Drs Edy Syahputra menyatakan bahwa setiap permasalahan informasi harus dikonfirmasikan kepada kepala desa dan BPD setempat. 

"Sebab kepala desa dan BPD adalah perwakilan masyarakat. Untuk itu apa pun yang tengah terjadi atau permasalah yang muncul lebih dulu didiskusikan mau pun dikonfirmasi dengan keduanya. Ini guna menjaga kekondusifitas masyarakat," ujar Edy Syahputra. 

Sedangkan Kadiv PSI Syafii Sitorus menegaskan segala urusan termasuk yang paling urgent soal pemasukan serta pengeluaran anggaran dana desa harus diinformasi ke publik. Ya, terutama warga setempat supaya tidak terjadi kesimpangsiuran di kelembagaan desa.

"Dan saya lihat di Desa Secanggang ini sendiri, informasi mengenai anggaran dari pemerintah telah tercantum di papan informasi. Makanya saya menilai kinerja pak Tengku Syaiful Anhar saya rasa sudah sesuai aturan dan peraturan perundang-undangan. Dengan supaya apa yang dikerjakan harus transparan," sebut Syafii Sitorus yang juga merupakan mantan wartawan ini. 

Pada kesempatan itu, Kades Secanggang Tengku Syaiful Anhar menyatakan bahwa desa yang dipimpinanya butuh anggaran untuk pembangunan. Apalagi Desa Secanggang salah satu dari sejumlah desa yang ada di Kabupaten Langkat rencananya akan dijadikan pilot projek pembangunan. 

"Sektor pertanian akan berkembang apabila didukung dengan perbaikan infrastruktur. Dan ini harus digenjot supaya masyarakat Desa Secanggang bisa terdongkrak perekonomiannya," harap Tengku Syaiful. 

Hadir dalam pertemuan itu Kepala Desa Secanggang, Tengku Syaiful Anhar, Wakil Ketua KIP Sumut, Drs Edy Syahputra, Kadiv PSI KIP Sumut Syafii Sitorus, Ketua BPD Usman, Kades Selotong Sumariono, Ketua JWI Langkat Jamal dan Sekretaris Lembaga Peduli Masyarakat Secanggant Nazlan, tokoh masyarakat, pemuda dan beberapa wartawan. (saze)