Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi Piala Eropa, Inggris VS Slovenia: Pantang Menyerah....(LIVE RCTI RABU DINI HARI PUKUL 02.00 WIB)

Selasa, 25 Juni 2024 | 12:59 WIB Last Updated 2024-06-25T05:59:56Z

ARN24.NEWS --
Secara head to head, Slovenia tercatat belum bisa mengalahkan Inggris dari 6 duel sebelumnya. Hasil terbaik The Dragons adalah sekali bermain imbang di laga Kualifikasi Piala Dunia 2018. Selebihnya, 5 laga lain menjadi milik The Three Lions.

Timnas Inggris dan Timnas Slovenia bertemu di Rhein Energie Stadion (Cologne Stadium) pada matchday terakhir Grup C Euro 2024, Rabu (26/6/2024) pukul 02.00 WIB.

Persaingan siapa yang bakal lolos 16 besar dan siapa yang tereliminasi di Grup C EURO 2024 masih terbuka sangat lebar. Bahkan, Inggris yang memimpin klasemen dengan 4 poin belum dapat dipastikan melaju. Slovenia, yang akan menantang The Three Lions, sementara ada di peringkat 3 dengan 2 angka. 

The Dragons punya angka yang sama dengan sang runner-up Denmark, dan unggul 1 poin dari juru kunci Serbia. Bagi Inggris, syarat mereka untuk melaju ke 16 besar EURO 2024 masih terbuka lebar. Asal tidak kalah di laga ini, pasukan Gareth Southgate akan lolos fase knockout walau belum tentu menjadi juara grup. 

Namun, dengan penampilan tidak menjanjikan lawan Serbia dan Denmark, Harry Kane dan kolega layak waspada. Melihat situasi di klasemen EURO 2024, syarat Inggris lolos sebagai juara grup adalah dengan mengalahkan Slovenia tanpa peduli hasil Denmark vs Serbia. 

The Three Lions juga bisa menjadi juara grup dengan hasil imbang. Ada 2 syarat yang mesti dipenuhi. Pertama, di pertandingan lain Denmark tidak menang. Jika The Danish Dynamite menang, Denmark tidak sampai melebihi selisih gol atau produktivitas gol Inggris.

Di sisi lain, Inggris akan lolos sebagai runner-up apabila imbang dengan Slovenia, sedangkan di partai lain Denmark menang dengan margin minimal 2 gol. Posisi runner-up juga bisa didapat The Three Lions apabila kalah dari Slovenia, sedangkan Denmark tidak mengalahkan Serbia. Tapi, jika Slovenia dan Denmark menang, Inggris akan menempati peringkat 3 Grup C di klasemen akhir.

Satu hal yang dapat dipastikan, Inggris tidak akan menjadi juru kunci di klasemen akhir Grup C. Berbekal 4 poin pun, Jude Bellingham dan kawan-kawan kemungkinan besar masih bisa lolos dari jalur salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Bagi Slovenia, syarat bagi mereka untuk lolos adalah kemenangan. Tambahan 3 poin bisa membawa The Dragons menjadi juara grup atau runner-up tergantung hasil laga lain. Jika Slovenia menang, sedangkan Denmark gagal menang, tim asuhan Matjaž Kek yang juara grup.

Namun, jika Slovenia dan Denmark sama-sama menang, keduanya akan lolos karena memiliki 5 poin. Urusannya tinggal siapa yang menjadi juara grup dan runner-up. Lantaran bermain imbang 1-1 saat bertemu, aturan head to head tidak berlaku. Penentuan akan tertuju pada selisih gol, lalu jumlah gol kedua tim dari semua pertandingan Grup C.

Inggris diperkirakan tidak akan mudah mengalahkan Slovenia. Performa The Three Lions dalam 2 laga awal tidak menampakkan mereka adalah tim unggulan sekaligus runner-up EURO 2020. Secara statistik, Inggris memang bisa melepaskan 8,5 tembakan per laga, tapi hanya 3,5 tembakan yang menjadi shots on target.

"Jika kami bisa memenangi pertandingan, kami akan lolos ke babak gugur. Tapi ada banyak hal yang harus dilakukan. Slovenia tim yang bagus dan kami menghormati mereka," jelas pemain Inggris, Jarrod Bowen, dikutip laman resmi UEFA.

Slovenia yang sejauh ini mengumpulkan 2 seri dari 3 laga, masih punya peluang setidaknya mencuri satu poin dari Inggris. Permainan menyerang The Dragons cukup menarik ditonton sejauh ini. Dengan 
11 tembakan per laga dan 3 shots on target per laga, Slovenia memang bermain cukup ofensif. Kuncinya adalah mereka harus bermain lebih efektif karena dengan statistik xG 2,76, baru 2 gol yang mereka ciptakan.

"Sekarang kami akan menghadapi laga terakhir grup melawan Inggris. Mereka adalah tim favorit tapi begitu juga dengan Denmark dan Serbia. Kami harus menegakkan kepala dan bersiap lagi," ucap pelatih Matjaž Kek usai laga melawan Serbia.

Catatan ARN24.NEWS 
 
Inggris memimpin grup ini dengan koleksi empat poin, unggul dua poin atas Denmark dan Slovenia, serta tiga poin atas Serbia. Inggris punya peluang paling bagus untuk lolos ke babak 16 besar.

Inggris dan Slovenia sama-sama mengincar kemenangan di laga pemungkas untuk lolos ke babak 16 besar. Bagi Inggris, kemenangan juga akan memastikan mereka finis di posisi teratas.

Kedua tim bisa menurunkan skuad terbaiknya di laga ini. Kondisi Benjamin Šeško yang mengalami kram di laga terakhir diperkirakan akan membaik jelang melawan Inggris. Pemain lain seperti Petar Stojanović, Andraž Šporar, dan Jan Mlakar juga akan kembali diandalkan Kek.

Southgate sendiri diprediksi tidak banyak melakukan perubahan juga. Menarik dinanti siapa gelandang yang akan dimainkan Southgate. Pasalnya setelah imbang melawan Denmark, Southgate merasa kecewa karena tidak ada gelandang yang memiliki kualitas seperti Kalvin Phillips, sosok yang bahkan 
hanya dimainkan Southgate di dua laga dengan total 40 menit bermain di Piala Dunia 2022.

Inggris menang 5 kali dan tak terkalahkan dalam 6 pertemuan dengan Slovenia sejauh ini. Inggris mencetak total 10 gol dan kebobolan total 4 gol dalam 6 pertemuan dengan Slovenia sejauh ini.

Dari 5 kemenangan atas Slovenia sejauh ini, 4 di antaranya diraih Inggris dengan margin 1 gol. Tak termasuk adu penalti, Inggris tak terkalahkan dalam 9 laga terakhir di putaran utama Euro. Inggris selalu mencetak 1 gol dalam 3 laga terakhir di putaran utama Euro.

Inggris cuma menang 2 kali dalam 7 laga terakhir. Slovenia masih belum pernah menang di putaran utama Euro. Slovenia cuma kalah 1 kali dalam 14 laga terakhir. Slovenia tak terkalahkan dalam 8 laga terakhir. Slovenia selalu kebobolan 1 gol dalam 4 laga terakhir.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Inggris (4-2-3-1): Pickford; Walker, Stones, Guehi, Gomez; Rice, Wharton; Saka, Bellingham, Foden; Kane. (Pelatih: Gareth Southgate) 

Slovenia (4-4-2): Oblak; Karnicik, Drkusic, Bijol, Janza; Stojanovic, Gnezda Cerin, Elsnik, Mlakar; Sporar, Sesko. (Pelatih: Matjaz Kek) 

6 PERTEMUAN TERAKHIR: 
06/10/17 Inggris 1-0 Slovenia (Kualifikasi Piala Dunia)
12/10/16 Slovenia 0-0 Inggris (Kualifikasi Piala Dunia)
14/06/15 Slovenia 2-3 Inggris (Kualifikasi Euro)
16/11/14 Inggris 3-1 Slovenia (Kualifikasi Euro)
23/06/10 Slovenia 0-1 Inggris (Piala Dunia)
05/09/09 Inggris 2-1 Slovenia (Friendly).

5 LAGA TERAKHIR INGGRIS: 
27/03/24 Inggris 2-2 Belgia (Friendly)
04/06/24 Inggris 3-0 Bosnia (Friendly)
08/06/24 Inggris 0-1 Islandia (Friendly)
17/06/24 Serbia 0-1 Inggris (Euro)
20/06/24 Denmark 1-1 Inggris (Euro).

5 LAGA TERAKHIR SLOVENIA: 
27/03/24 Slovenia 2-0 Portugal (Friendly)
04/06/24 Slovenia 2-1 Armenia (Friendly)
08/06/24 Slovenia 1-1 Bulgaria (Friendly)
16/06/24 Slovenia 1-1 Denmark (Euro)
20/06/24 Slovenia 1-1 Serbia (Euro).

STATISTIK: 
INGGRIS Menang: 72%
Imbang: 15%
SLOVENIA Menang: 13%
SKOR: 3 - 1 (0 : 2). (nt/sumber)