Notification

×

Iklan

Iklan

Defri Noval Pasaribu, SE (Anggota DPRD Sumut): Pertaruhan 1 Tiket Ke Final Diraih Belanda

Rabu, 10 Juli 2024 | 11:51 WIB Last Updated 2024-07-10T04:51:49Z
Defri Noval Pasaribu, SE (Anggota DPRD Sumut)

ARN24.NEWS --
Timnas Spanyol sudah manapaki jejak ke babak final setelah melukai Timnas Prancis dengan skor 2-1. Kini, pasukan Matador (julukan Spanyol) manunggu hasil laga semifinal lainnya, yakni Belanda versus Inggris. Duel berbau dendam itu dihelat di Signal Iduna Park/BVB Stadion Dortmund, Kamis (11/7/2024) pukul 02.00 WIB.

"Awal fase grup, baik Belanda dan Inggris tak memperlihatkan permainan yang menakjubkan. Ya, biasa-biasa saja, tapi sepertinya De Oranje (julukan Belanda) makin ganas saat babak 16 besar kemarin. Melihat ini pula saya lebih meyakini Belanda akan mengalahkan Inggris di babak semifinal nanti," urai Anggota DPRD Medan periode 2024-2029, Defri Noval Pasaribu, SR, saat ditanya prediksinya pada pertemuan Belanda kontra Inggris, Rabu (10/7/2024). 

Apalagi, kata pria 42 tahun ini, dari lima laga terakhir melawan Inggris, anak asuh Ronald Koeman ini meraih angka penuh dengan torehan tiga kali menang, sekali kalah dan sekali imbang. Mengacu dari situ, Defri Nofal yang tinggal di Jalan Eka Warni, Kecamatan Medan Johor merasa tak ragu lagi menjatuhkan pilihan bahwa De Oranje ke final. 

"Belanda ke final bertemu Spanyol. Ronald Koeman saya anggap peracik handal. Meski lambat beranjak namun hasilnya maksimal. Dengan skema 4-2-3-1, Koeman memasang Depay dan Gakpo di barisan depan. Kedua penyerang ini punya skill mumpuni, kecepatan dan sulit untuk dijaga lawan," ulas ayah seorang putri ini. 

Tak bisa dipungkir, empat pemain bertahan yakni Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Ake dan Schouten sangat disiplin menjaga pergerakan musuhnya. Disuport Reijnders, Malen serta Simons yang memiliki kualitas di atas rata-rata bisa mengalirkan bola ke dua penyerang, Gakpo dan Depay. 

"Pada laga perempat final lalu, lewat lini sayap Belanda menang 2-1 atas Turki. Makanya pergerakan para pemain Belanda akan membuat pertahanan Inggris kocar-kacir. Untuk skor sendiri, ya 2-0 untuk Belanda," pungkas penghobi memancing ini, 

Diketahui, pada fase grup, Belanda gagal menampilkan performa yang konsisten. Setelah menang 2-1 atas Polandia, Belanda imbang 0-0 dengan Prancis, dan kalah 2-3 dari Austria. Namun, Belanda kemudian tampil perkasa di fase gugur. Belanda menghajar Rumania 3-0, lalu menaklukkan Turki 2-1.

Saat menyingkirkan Turki di perempat final, Belanda dipaksa berjuang sangat keras. Tertinggal 0-1 di babak pertama, Belanda bangkit di babak kedua. Belanda menyamakan kedudukan lewat gol Stefan de Vrij dari assist Memphis Depay, dan akhirnya berbalik menang berkat gol bunuh diri Mert Muldur.

Dari sisi permainan, terutama ketika menyerang, harus diakui kalau Belanda lebih menjanjikan. Sebaliknya, Inggris belum mampu menunjukkan kemampuan optimalnya meski mengusung skuad yang elite ke Jerman.

Inggris juga harus menguras fisik dan mental saat bermain sampai extra time melawan Slovakia, serta hingga adu penalti melawan Swiss. Apakah itu akan berdampak negatif pada performa mereka saat menghadapi Belanda nanti?

Inggris mendapatkan amunisi tambahan di lini pertahanan. Marc Guehi kembali usai akumulasi kartu. The Three Lions kini juga bisa memainkan Luke Shaw di barisan belakang. Bek kiri Manchester United itu sempat absen sejak fase grup.

Di kubu lawan, Belanda tak memiliki banyak masalah untuk tetap memainkan skema seperti di laga-laga sebelumnya. Stefan de Vrij dan Virgil van Dijk masih akan mengawal barisan belakang. Sedangkan Cody Gakpo masih akan memperkuat lini serang dengan menopang Memphis Depay.

Belanda cuma kalah 1 kali dalam 9 laga terakhir vs Inggris. Belanda selalu mencetak minimal 2 gol dalam 4 dari 5 laga terakhir vs Inggris. Belanda selalu gagal clean sheet dalam 6 laga terakhir vs Inggris. Belanda selalu kebobolan 1 gol dalam 3 laga terakhir vs Inggris.

Belanda menang 6 kali dan kalah 2 kali dalam 9 laga terakhir di putaran utama Euro. Belanda selalu mencetak minimal 2 gol dalam 7 dari 9 laga terakhir di putaran utama Euro. Belanda menang 9 kali dan kalah 2 kali dalam 12 laga terakhir. Belanda selalu mencetak minimal 2 gol dalam 8 dari 10 laga terakhir.

Belanda 8 kali clean sheet dalam 12 laga terakhir.Tak termasuk adu penalti, Inggris cuma kalah 1 kali dalam 23 laga terakhir di putaran utama Euro. Tak termasuk adu penalti, Inggris tak terkalahkan dalam 
12 laga terakhir di putaran utama Euro. Inggris selalu kebobolan 1 gol dalam 5 dari 7 laga terakhir di putaran utama Euro. Inggris cuma menang 3 kali dalam 10 laga terakhir. Inggris selalu kebobolan 1 
gol dalam 4 dari 6 laga terakhir. (saze)