Notification

×

Iklan

Iklan

Dramatis, Bellingham dan Kane Bawa Inggris Lolos ke Perempat Final

Senin, 01 Juli 2024 | 02:56 WIB Last Updated 2024-06-30T22:58:24Z

Jude Bellingham dan Harry Kane mencetak gol untuk membawa Inggris menang. (Foto: REUTERS)

ARN24.NEWS
– Inggris lolos ke babak perempat final Euro 2024 dengan cara dramatis usai menang 2-1 atas Slovakia lewat perpanjangan waktu di Gelsenkirchen, Minggu (30/6/2024) waktu setempat.


Inggris yang selamat dari kekalahan di waktu normal berkat gol Jude Bellingham di masa injury time tampil lebih percaya diri begitu babak perpanjangan waktu dimulai. 


Di sisi lain, Slovakia terlihat masih terpukul karena kemenangan yang sudah di depan mata menjadi terlepas.


Inggris kemudian berhasil memanfaatkan momentum itu dengan baik. Pada menit pertama perpanjangan waktu, Inggris berhasil mencetak gol lewat Harry Kane.


Gol itu bermula dari upaya Eberechi Eze melepaskan tendangan dari luar kotak penalti setelah mendapat bola liar yang ditinju oleh Martin Dubravka. Tendangan Eze mengarah ke Ivan Toney yang berada di kotak penalti.


Toney lalu memutuskan mengirim umpan sundulan kepala ke muka gawang. Bola mengarah ke Harry Kane yang berdiri bebas. Harry Kane sukses melepaskan sundulan dan membobol gawang Slovakia untuk membawa Inggris unggul 2-1.


Di waktu normal, Slovakia sempat menyulitkan Inggris hampir sepanjang laga. Mereka sudah unggul lebih dulu lewat Ivan Schranz di menit ke-25.


Gol tersebut bermula dari umpan jauh Denis Vavro dari daerah pertahanan Slovakia. Bola umpan tersebut bisa disundul Juraj Kucka ke arah David Strelec. Strelec lalu melihat Schranz bergerak cepat memasuki kotak penalti.


Strelec langsung mengirim umpan matang dan Schranz tak menyia-nyiakan peluang tersebut. Tembakan mendatar Schranz sukses menaklukkan Jordan Pickford.


Setelah ketinggalan di babak pertama, Inggris tampil lebih baik di babak kedua. Namun peluang demi peluang tidak mampu dimanfaatkan pemain-pemain Three Lions.


Inggris bahkan sudah berada di ujung tanduk karena mereka juga tak mampu mencetak gol saat empat menit masa injury time sudah berlalu. Dalam situasi sulit itu, Jude Bellingham lalu muncul sebagai penyelamat.


Berawal dari lemparan panjang yang dilepaskan Kyle Walker ke kotak penalti, Marc Guehi berhasil menyundul bola ke arah Jude Bellingham. Bellingham lalu melepaskan tendangan salto yang membuat bola meluncur ke pojok kiri gawang tanpa bisa diduga oleh Martin Dubravka.


Gol dramatis di masa injury time ini yang kemudian meningkatkan kepercayaan diri Inggris di babak perpanjangan waktu. Inggris pun menang lewat gol Harry Kane. (cnn/sh