Notification

×

Iklan

Iklan

Bandara Kualanamu Kembali Buka Penerbangan Langsung Jamaah Umrah

Rabu, 25 Mei 2022 | 09:44 WIB Last Updated 2022-05-25T02:44:54Z

Foto Ilustrasi. (CNN Indonesia/Farid)

ARN24.NEWS
-- Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) kembali melayani penerbangan langsung ke Arab Saudi untuk jamaah umrah dan haji setelah sempat tutup akibat pandemi covid-19.


Penerbangan perdana diadakan pada Selasa (24/5/2022) pukul 09.30 WIB. Sebanyak 424 penumpang diberangkatkan menggunakan maskapai Lion Air dengan pesawat Airbus 333 bernomor penerbangan JT 1112.


Penerbangan perdana tersebut dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara Harun Mustafa Nasution dan Kepala Otoritas Bandara Wilayah II Agustono.


Musa menyambut baik pembukaan penerbangan umrah langsung dari Bandara Kualanamu ke Arab Saudi. Dengan penerbangan langsung, perjalanan jamaah disebut menjadi lebih cepat dibandingkan bila harus dari Jakarta.


"Saya bersyukur karena dari sejak sekian lama jamaah haji dan umrah kita tidak bisa berangkat, akhirnya sudah bisa berangkat lagi. Karena kalau lah kita sudah bisa berangkat dari Kualanamu, berarti untuk perjalanan ibadah umrah jauh lebih cepat dari sebelumnya melalui Jakarta," ujar Ijeck sapaan akrabnya dalam dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (25/5/2022).


Calon jamaah yang akan berangkat dari Bandara Kualanamu wajib memenuhi persyaratan dokumen kesehatan yang akan diperiksa oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sera wajib memiliki International Certificate Vaccination (ICV) Meningitis serta sertifikat vaksin Covid-19 dosis kedua.


Executive General Manager Bandara Kualanamu Heriyanto mengatakan Bandara Kualanamu disebut akan terus memastikan setiap proses operasional keberangkatan jamaah umrah berjalan lancar dan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Ia juga mengklaim kembalinya penerbangan langsung umrah menuju Madinah disebut sangat disambut baik oleh pengguna jasa dan seluruh stakeholder bandara. (fby/sfr)