Notification

×

Iklan

Iklan

Hajar Myanmar 3-1, Timnas Indonesia ke Semifinal SEA Games

Minggu, 15 Mei 2022 | 18:08 WIB Last Updated 2022-05-15T11:08:06Z

Timnas Indonesia lolos ke semifinal SEA Games 2021 usai menghajar Myanmar. (ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU)



ARN24.NEWS
-- Timnas Indonesia U-23 memastikan diri lolos ke semifinal SEA Games 2021 (2022) usai menaklukkan Myanmar 3-1, Minggu (15/5/2022) sore. Bertanding di Stadion Viet Tri, Indonesia mencoba tampil agresif sejak kick off. Hasilnya, pasukan Garuda berhasil unggul 3-0 di babak pertama.


Keunggulan Indonesia dibuka lewat kaki Egy Maulana Vikri pada menit keenam. Penyerang FK Senica itu berhasil meneruskan bola rebound hasil tembakan Irfan Jauhari.


Tendangan Egy Maulana Vikri sempat membentur pemain belakang lawan sehingga bola berbelok arah dan membuat kiper Pyae Phyo Thu mati langkah.


Empat menit berselang, Indonesia berhasil menggandakan skor menjadi 2-0 lewat aksi impresif Witan Sulaeman memanfaatkan umpan tumit Ricky Kambuaya.


Witan yang berada di sisi kiri kotak penalti melepaskan tembakan kaki kanan. Bola sedikit membentur kaki lawan dan membuat bola mengarah ke pojok kanan bawah untuk membawa Indonesia unggul 2-0.


Indonesia nyaris menambah keunggulan lewat peluang yang didapat Irfan Jauhari pada menit ke-15 dan Marselino Ferdinan di menit ke-17. Sayang, tembakan kedua pemain masih bisa digagalkan kiper Myanmar.


Myanmar bukan tanpa peluang. Win Naing Tun sebenarnya berhasil menggetarkan gawang Indonesia pada menit ke-30 usai memanfaatkan umpan silang mendatar Mg Mg Lwin.


Namun wasit menganulir gol tersebut lantaran sang pemberi umpan, Mg Mg Lwin, sudah lebih dulu berada di dalam posisi offside.


Myanmar kembali mendapat peluang emas di menit ke-40. Mg Lwin lolos dari kawalan dan melepas tembakan keras namun berhasil diblok kiper Ernando Ari Sutaryadi.


Sejurus kemudian, Myat Kaung Khant mendapatkan celah melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Akan tetapi Ernandi Ari tampil gemilang dan berhasil menepis bola.


Alih-alih cetak gol, gawang Myanmar malah kebobolan di menit-menit akhir lewat aksi Marselino Ferdinan. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti menghasilkan defleksi dan membuat Indonesia unggul 3-0.


Memasuki babak kedua, Myanmar mampu mengurung pertahanan Indonesia di 15 menit awal. Namun, solidnya pertahanan Indonesia membuat Myanmar tak mampu cetak gol.


Pada menit ke-63, Myanmar berhasil mengancam gawang Indonesia melalui sepakan keras Aung Wunna Soe dari luar kotak penalti. Tendangan Wunna Soe sempat lepas dari tangkapan namun akhirnya berhasil diamankan Ernando Ari.


Empat menit berselang, Myanmar akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan melalui aksi Myat Kaung Khant. Tembakan kaki kiri Kaung Khant lebih dulu membentur kaki Rizky Ridho sehingga tak mampu dibendung Ernando Ari.


Setelah kecolongan gol, Indonesia mengambil kendali permainan. Marc Klok nyaris mencatat namanya di papan skor lewat tendangan bebas di menit ke-90. Namun, tembakannya masih membentur mistar gawang. Tak ada gol yang berhasil tercipta hingga laga usai.


Hasil ini membuat Indonesia untuk sementara berhak menduduki puncak klasemen dengan raihan sembilan poin. Namun, posisi Indonesia bisa kembali tergusur Vietnam yang akan menghadapi tim juru kunci Timor Leste. (jun/har)