Notification

×

Iklan

Iklan

Ma'ruf Amin Gantikan Jokowi Jadi 'Presiden'

Senin, 27 Juni 2022 | 10:00 WIB Last Updated 2022-06-27T03:00:42Z

Ma'ruf Amin akan memimpin pemerintahan dan mengemban tugas presiden selama Joko Widodo menjalani kegiatan kepresidenan di Eropa.Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

ARN24.NEWS
-- Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Presiden Republik Indonesia selama Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalani kegiatan kepresidenan di Eropa. 


Ma'ruf menjalani jabatan itu sejak kemarin. Ia akan menduduki posisi presiden hingga Jokowi kembali ke Indonesia awal bulan depan.


"Selama saya di luar negeri, pemerintahan akan dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden," kata Jokowi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (26/6/2022).


Berdasarkan jadwal yang disiarkan situs resmi Sekretariat Wakil Presiden, Ma'ruf hanya bekerja dari rumah hari ini. Ia hanya membuat rekaman ucapan selamat ulang tahun untuk SINDOnews.com, Radio Sonora, dan Rumah Zakat.


Sementara itu, Jokowi telah tiba di Munich dini hari tadi. Pesawat yang membawa rombongan kepresidenan mendarat di Munich International Airport pada Minggu sekitar pukul 18.40 waktu setempat.


Jokowi dan rombongan disambut oleh Menteri Urusan Eropa dan Internasional Negara Bagian Bavaria Melanie Huml. Setelah itu, Jokowi langsung bertolak ke hotel tempatnya menginap.


Dia akan menghadiri pertemuan G7 di negara itu. Kemudian, Jokowi akan menjalani misi perdamaian ke Ukraina dan Rusia.


Jokowi berencana menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv. Ia juga akan menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.


"Dengan misi yang sama, saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka peluang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," ujar Jokowi. (dhf/gil)