Notification

×

Iklan

Iklan

Catat! New Daihatsu Sigra Jangan Dikasih 'Minum' Pertalite

Sabtu, 09 Juli 2022 | 02:04 WIB Last Updated 2022-07-08T19:04:38Z

New Daihatsu Sigra disarankan menggunakan bensin RON 92 atau setara Pertamax. (Foto: detikOto)

ARN24.NEWS
-- Bagi calon konsumen New Daihatsu Sigra harus memperhatikan betul rekomendasi bahan bakar yang boleh digunakan. 


Sigra yang masuk jenis mobil Low Cost Green Car (LCGC) alias KBH2 (Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau) disarankan menggunakan bahan bakar RON 92. 


Artinya, Sigra pantang memakai bahan bakar dengan RON di bawah itu, misalnya Pertalite yang punya RON 90.


"Sesuai (aturan) KBH2, harus hemat bahan bakar dan kedua itu adalah emisi gas buang. Jadi dari awal lahir, LCGC itu pakai (bahan bakar) oktan 92. Dia juga harus ada penandaan informasi (di mobilnya)," kata Marketing Director, dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani, dilansir dari detikcom, Sabtu, 09 Juli 2022.


Sebagai informasi, mobil murah ramah lingkungan atau dikenal dengan LCGC sudah ada di Indonesia sejak 2013. Sementara untuk varian LCGC 7-Seater seperti Daihatsu Sigra, hadir di Indonesia sejak 2016. Mobil ini dibuat untuk mendukung kendaraan ramah lingkungan lantaran didesain sebagai mobil irit bahan bakar.


Mobil jenis LCGC harus memenuhi berbagai persyaratan teknis. Salah satunya penggunaan jenis bahan bakar. Dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau salah satunya tertulis soal ketentuan jenis BBM (Bahan Bakar Minyak) untuk LCGC.


Tertulis dalam Pasal 2 Ayat 2 Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013, bahwa LCGC harus memenuhi ketentuan bahan bakar minyak dengan spesifikasi minimal RON 92 mesin bensin dan Cetane Number 51 untuk mesin diesel.


Untuk mesin bensin, bahan bakar dengan RON 92 adalah bensin seperti Pertamax. Artinya, kompresi mesin LCGC sudah disesuaikan untuk menenggak bahan bakar tersebut. Namun sayangnya, kenyataan di lapangan masih ada saja pengguna LCGC yang mengisi bensin dengan standar RON di bawahnya, seperti Pertalite. (dtc/rfn)


Baca artikel lainnya dari ARN24.NEWS di Google Berita