Notification

×

Iklan

Iklan

Eks PM Jepang Tewas Ditembak, Pelaku Mengaku Dendam dengan Shinzo Abe

Sabtu, 09 Juli 2022 | 01:57 WIB Last Updated 2022-07-08T18:57:50Z

Eks PM Jepang Shinzo Abe ditembak pada pukul 11.30 waktu setempat saat berpidato di kota Nara, dekat Stasiun Yamato-Saidaiji Jumat (8/7/2022). (Foto: Kompas.com)

ARN24.NEWS
-- Pelaku yang membuat Shinzo Abe mantan PM Jepang tewas ditembak mengaku dendam dengan politisi tersebut.


Polisi pada Jumat (8/7/2022) mengatakan, pelaku mengaku sengaja menargetkan Shinzo Abe karena menyimpan dendam terhadap organisasi yang dia yakini terkait dengan mantan PM Jepang tersebut.


"Tersangka menyatakan bahwa dia menyimpan dendam terhadap organisasi tertentu, dan dia melakukan tindak kejahatan karena yakin mantan perdana menteri Abe memiliki hubungan dengan itu," kata seorang polisi senior di wilayah Nara, Jepang, kepada wartawan dikutip dari AFP.


Namun, dia menolak memberikan rincian lebih lanjut. Shinzo Abe mantan PM Jepang ditembak pada pukul 11.30 waktu setempat saat berpidato di kota Nara, dekat Stasiun Yamato-Saidaiji Jumat (8/7/2022).


Dikutip dari NHK, pelaku bernama Tetsuya Yamagami (41) yang tinggal di kota Nara. Ia dikenakan tuduhan percobaan pembunuhan.


Adapun motif Tetsuya Yamagami menembak Shinzo Abe adalah tidak puas dengan eks PM Jepang itu dan hendak membunuhnya.


Motif itu diungkap pelaku saat diinterogasi oleh polisi. Tetsuya kini ditahan di kantor polisi Nara Nishi.


Seorang pejabat Kementerian Pertahanan Jepang berujar, senjata yang dipakai pelaku tampaknya buatan tangan. Pelaku pernah bekerja untuk Pasukan Bela Diri Maritim selama tiga tahun hingga sekitar 2005.


Dikutip dari kantor berita AFP, Pasukan Bela Diri Maritim termasuk dalam bagian Angkatan Laut Jepang.


Setelah mantan PM Jepang ditembak, Shinzo Abe dilarikan ke rumah sakit pada pukul 11.54 dan langsung ditangani dokter. Shinzo Abe meninggal pada Jumat sore. (afp/net)


Baca artikel lainnya dari ARN24.NEWS di Google Berita