Notification

×

Iklan

Iklan

Hasil Piala AFF U-19: Timnas Indonesia U-19 Gasak Filipina 5-1

Sabtu, 09 Juli 2022 | 01:41 WIB Last Updated 2022-07-08T18:42:40Z

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19, Rabbani Tasnim Siddiq usai menjebol gawang Filipina dalam pertandingan babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022). (Foto: Bola.com)


ARN24.NEWS
-- Timnas Indonesia menggasak Filipina dengan skor 5-1 di lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022. Kemenangan menjaga asa Garuda Nusantara ke semifinal.


Bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022), Indonesia membuat perubahan di susunan pemain. Dua pilar kunci, Marcelino dan Ronaldo Kwateh, dicadangkan pelatih Shin Tae-yong. Meski begitu, Indonesia masih bisa bermain menekan.


Gol bisa didapat Indonesia pada menit ke-14, lewat aksi Rabbani Tasnim. Gol dicetak lewat penalti, usai Subhan Fajri dilanggar. Tanpa kesulitan, Rabbani bisa menaklukkan kiper Filipina, Lance Jeter Aquino. Skor 1-0 untuk Indonesia.


Keunggulan Timnas Indonesia U-19 bertambah pada menit ke-26. Kali ini Alfriyanto Nico yang mencatatkan namanya di papan skor. Meski diapit dua lawan, Nico bisa membobol gawang Filipina lewat sepakan kaki kirinya. Skor menjadi 2-0.


Pada menit ke-29, Filipina bisa mencuri gol ke gawang Indonesia. Berawal dari kesalahan pemain belakang Indonesia dalam mengantisipasi bola, Justin Lawrence bisa meneruskan bola liar di depan gawang dengan sepakan keras. Bolanya masuk ke gawang Indonesia. Skor menjadi 2-1, Indonesia masih unggul atas Filipina.


Dalam posisi itu, Indonesia masih bisa melancarkan tekanan demi tekanan. Sampai akhirnya, Indonesia mendapat penalti keduanya.


Zanadin dilanggar di kotak penalti, saat melakukan penetrasi dekat garis. Rabbani kemudian maju menjadi eksekutor lagi, dan bisa menaklukkan kiper Filipina untuk kedua kalinya. Skor 3-1 bertahan sampai jeda.


Pada babak kedua, Indonesia masih tampil menekan. Hasilnya, empat menit selepas jeda, gol keempat bisa dicetak pasukan Indonesia.


Rabbani Tasnim lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor. Ia membuat hat-trick, usai kembali membobol gawang Filipina. Kali ini sundulannya mengoyak jala Lance Jeter Aquino, dan membawa Indonesia memimpin 4-1.


Usai gol itu, Indonesia belum mengendurkan tekanannya sama sekali. Pergantian pemain juga dilakukan Shin Tae-yong, yang tak mengurangi efektivitas serangan.


Pada menit ke-70, Razza Fachrezi, yang masuk menggantikan Rabbani, ikutan mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini ia bisa memaksimalkan umpan Nico dari sisi kanan. Sepakannya mengirim bola masuk ke gawang Filipina. Indonesia jadi unggul 5-1.


Usai unggul dengan skor tersebut, Indonesia terlihat mulai kelelahan. Beberapa pilar bertumbangan karena kram, yang membuat pergantian pemain dilakukan.


Situasi itu tak bisa dimanfaatkan Filipina. Hingga laga bubar, skor 5-1 tetap bertahan untuk kemenangan Indonesia.


Hasil ini membuat Indonesia mengoleksi 8 poin di Grup A Piala AFF U-19 2022, hasil dua kemenangan dan dua kali imbang. Indonesia berada di peringkat tiga, di bawah Vietnam dan Thailand, yang sama-sama sudah mengumpulkan 10 poin.


Selanjutnya, Indonesia tinggal melawan Myanmar pada Minggu (10/7/2022). Indonesia harus menang, dan berharap Vietnam atau Thailand saling mengalahkan, atau minimal imbang, untuk bisa menjaga asa lolos ke semifinal.


Susunan Pemain


Timnas Filipina U-19: Lance, Jaime, Zachary, Gabriel, Anthony, John Dale, Ortega, Justin, Uriel, Rafael, Kamil


Timnas Indonesia U-19: Cahya Supriadi; Kadek Arel Priyatna, Marcell Januar Putra, Muhammad Ferarri, Edgard Amping; Subhan Fajri, Zanadin Fariz, Frezy Al Hudaifi; Alfriyanto Nico, Ferdiansyah, Rabbani Tasnim Siddiq


(dtc/net)


Baca artikel lainnya dari ARN24.NEWS di Google Berita