Notification

×

Iklan

Iklan

Lapas Tanjung Gusta Medan Nyaris Terbakar

Selasa, 02 Agustus 2022 | 02:29 WIB Last Updated 2022-09-13T11:21:45Z

Kobaran api yang terlihat dari dalam Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanjung Gusta Medan di Jalan Lembaga Pemasyarakatan, Kecamatan Medan Helvetia, Medan, nyaris terbakar, Senin (1/8/2022) malam. Beruntung 3 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Dinas Pencegahan dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan cepat menjinakkan api hingga tidak terjadi kebakaran hebat di lapas tersebut. 


Kepala Dinas P2K Kota Medan, Albon Sidauruk mengatakan, informasi kebakaran didapati pihaknya sekitar pukul 22.00 WIB.


"Kami menurunkan tiga armada Damkar untuk memadamkan api di lokasi kejadian. Setibanya di Lapas Tanjung Gusta memang terlihat ada kobaran api," kata Albon saat dikonfrimasi.


Tidak sampai setengah jam api pun dapat dipadamkan dengan air. Dikatakan, objek yang terbakar adalah trafo listrik yang ada di Lapas Tanjung Gusta. Diketahui, trafo itu tidak melekat di dinding ruangan atau bangunan lapas.


"Tidak ada ruangan atau bangunan yang terbakar. Paling hanya trafo itu saja. Makanya api bisa cepat dipadamkan," katanya.


Albon mengatakan tidak ada korban jiwa atau pun luka-luka akibat kejadian tersebut. Kini pihaknya pun telah kembali dari lokasi kejadian.


Terpisah, Humas Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan, Raymond Rumahorbo yang berhasil dikonfirmasi, Selasa (2/8/2022) dini hari, membenarkan adanya kejadian tersebut.


"Benar, hanya korsleting listrik yang menimbulkan api. Keadaan sekarang api sudah padam dan sedang perbaikan jaringan listrik oleh PLN dan Tim Damkar Pemko Medan masih stand by di lapas, mohon doa agar kerusakan segera teratasi," jawab Raymond saat dikonfirmasi via WhatsApp.


Saat ditanya lebih rinci apakah sampai terjadi kebakaran besar hingga merembet ke sel tahanan seperti info yang beredar, Raymond membantahnya karena api bisa cepat diatasi pihak damkar. 


"Tidak, titik api di kabel luar sebelum masuk kamar (sel)," jawabnya lagi. (sh)