Notification

×

Iklan

Iklan

Polres Humbahas Tingkatkan Latihan Dalmas: Antisipasi Kerawanan Jelang Pemilu Serentak 2024

Senin, 01 Agustus 2022 | 17:52 WIB Last Updated 2022-08-01T10:52:07Z

ARN24.NEWS --
Dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam penanganan aksi unjuk rasa, Polres Humbahas secara rutin menggelar latihan dalmas (pengendalian massa), di halaman Mako Polres Humbahas, Senin (1/8/2022).

Latihan Dalmas tersebut dibimbing oleh Kanit Dalmas Aiptu Maringan H Silitonga dan Aiptu Rustam Yus SH. Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin SIK MH melalui Kasat Samapta AKP Leonard Simanjuntak SH menjelaskan, latihan dalmas ini rutin digelar untuk mengasah kemampuan dan kesiapan personel dalam menghadapi unjuk rasa yang sewaktu-waktu berkembang dan menjurus anarkhis. 

Selain itu, latihan ini bertujuan untuk mengantisipasi kerawanan wilayah khususnya persiapan menjelang pelaksanaan Pemilu di tahun 2024 serentak seluruh Indonesia.

Pada latihan tersebut difokuskan pada latihan fisik, dalmas awal dan dalmas lanjut. Dengan materi teori dasar-dasar seperti sikap ditempat dengan menggunakan perlengkapan Dalmas dan sikap pindah tempat serta formasi Dalmas.

Dalam latihan Dalmas tersebut, Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin SIK MH menyampaikan kembali tentang fungsi dan tujuan Dalmas yakni suatu kegiatan yang dilakukan oleh satuan Polri dalam rangka menghadapi massa demonstran atau pengunjuk rasa sesuai standar operasional prosedur.

“Latihan dan materi dalmas yang kami berikan ini diharapkan mampu dipahami dan dimengerti dalam rangka penanganan yang tepat serta menghindari kesalahan prosedur di lapangan," ungkap AKP Leonard Simanjuntak SH. (saze)