Notification

×

Iklan

Iklan

Putra Aceh Terpilih Jadi Imam Masjid di New York

Selasa, 02 Agustus 2022 | 11:10 WIB Last Updated 2022-08-02T04:10:18Z

ARN24.NEWS --
Seorang putra asli Aceh menjadi imam masjid serta pengajar keislaman di New York, Amerika Serikat. Dia adalah Tengku Munawir Umar. Munawir Umar merupakan pria kelahiran Blang Cut, Kecamatan Meurah Mulia Aceh Utara. Dia juga tercatat sebagai alumni Dayah Ulumuddin Lhokseumawe. 

Dia dinyatakan terpilih pada seleksi imam ke Amerika beberapa waktu lalu. Rencananya, dia akan berangkat menuju New York pada Selasa malam (2/8/2022). "Saya mengharapkan doa dan restu dari masyarakat Aceh, agar sukses menjalankan tugasnya melakukan syiar islam di negeri Paman Sam, Insyaallah," kata Munawir Umar. 

Ditambahkan, jika tidak ada halangan, dirinya akan menjadi imam masjid di Masjid Al-Hikmah atau Indonesia Muslim Community. Selain menjadi imam masjid, ia juga akan mengajar keislaman di Pesantren Nur Inka Nusantara Madani Connecticut, serta mengajar leadership training hingga beberapa tahun kedepan. 

"Nanti insyaallah di sana saya mengajar untuk komunitas Indonesia dan muslim Amerika," katanya. Munawir melanjutkan, kesempatan tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya. 

Meski demikian dia sudah mempelajari apa yang bisa dilakukannya selama berada di sana. "Tantangannya, memberikan gambaran dan pengertian kepada seluruh lapisan masyarakat di Amerika," kata Munawir. 

Munawir mengawali pendidikan dasar di SD Negeri 2 Meurah Mulia. Lulus dari SD, dia melanjutkan pendidikan ke Dayah Ulumuddin Kota Lhokseumawe sampai tingkat Aliyah selama enam tahun.
 
Selesai dari Ulumuddin, Munawir melanjutkan pendidikan ke Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Pendidikan S2 diselesaikan di UIN Syarif Hidayatullah, dan melanjutkan program S3 di lembaga pendidikan yang sama saat ini. 

Di Jakarta, Munawir juga merupakan dosen di salah satu perguruan tinggi Islam dan guru tahfiz quran di beberapa madrasah di Jakarta. (ins/nt)