Notification

×

Iklan

Iklan

3 Bungkus Sabu Tak Bertuan Ditemukan di Luar Tembok Rutan Kabanjahe

Rabu, 28 September 2022 | 18:36 WIB Last Updated 2022-09-28T11:36:32Z

Tiga bungkusan besar sabu yang ditemukan petugas Rutan Kabanjahe. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Bungkusan yang diduga narkotika jenis sabu-sabu ditemukan petugas Penjaga Pintu Utama (P2U) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe  Rabu (28/9/2022).


Sesuai dengan standar operasional prosedur yang ada di Rutan Kabanjahe, setiap barang atau benda mencurigakan yang berada di lingkungan sekitar Rutan Kabanjahe wajib diperiksa oleh petugas. Hal ini sesuai dengan slogan yang selalu diingat oleh setiap petugas Pemasyarakatan “Waspada Jangan-Jangan”.


Barang di dalam bungkusan yang diduga sabu tersebut ditemukan petugas tergeletak di luar tembok Rutan Kabanjahe saat sedang melakukan tugas jaga. Selanjutnya, pihak Rutan Kabanjahe melakukan pemeriksaan terhadap bungkusan tersebut. 


Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut serta berkoordinasi dengan pihak Polres Tanah Karo, barang tersebut ternyata benar narkoba jenis sabu sebanyak 3 plastik klip bening. 


“Sesuai standar operasional prosedur yang biasa dilakukan, pihak Rutan Kabanjahe melakukan serah terima barang bukti temuan narkoba sebanyak 3 bungkus sabu ke Satnarkoba Polres Tanah Karo guna kepentingan pemeriksaan dan penyelidikan,” ujar Karutan Kabanjahe, Sangapta Surbakti.


Sementara, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut, Imam Suyudi mengapresiasi kinerja petugas Rutan Kabanjahe.


"Terimakasih atas kinerja petugas di Rutan Kabanjahe, terus tingkatkan pengawasan dan pemeriksaan barang masuk ke dalam lapas, maupun benda yang patut dicurigai merupakan benda yang dilarang masuk ke dalam lapas/rutan, lakukan semuanya sesuai dengan standar operasional prosedur yang ada," ungkapnya.


Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut, Erwedi Supriyanto juga mengapresiasi petugas yang menemukan dan melaporkan barang terlarang tersebut. 


“Ini menunjukkan bahwa seluruh petugas di lapas/rutan di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumut mempunyai integritas dan berkomitmen penuh dalam pemberantasan barkoba,” tegasnya. (sh)