Notification

×

Iklan

Iklan

Effendi Simbolon Akhirnya Minta Maaf Usai Sebut TNI Gerombolan

Rabu, 14 September 2022 | 12:27 WIB Last Updated 2022-09-14T05:27:12Z

Effendi Simbolon (Foto: Lamhot Aritonang)

ARN24.NEWS
– Ucapan anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon yang menyebut TNI seperti gerombolan menuai protes. Politisi PDIP itu pun menyampaikan permohonan maaf atas ucapannya itu.


"Dari lubuk hati paling dalam, saya mohon maaf atas apapun perkataan saya yang menyinggung yang menyakiti, yang tidak nyaman, di hati para prajurit," ujarnya dilansir detikNews, Rabu (14/9/2022).


Permohonan maaf itu ditujukan Effendi kepada seluruh prajurit TNI yang telah tersinggung atas perkataannya.


"Siapapun dia. Dari tamtama, bintara, sampai perwira, bahkan sampai sesepuh, para pihak yang tidak nyaman dengan perkataan diartikan lain," ucapnya.


Eks Cagub Sumut itu mengaku tidak bermaksud menyinggung TNI seperti gerombolan apalagi organisasi kemasyarakatan atau ormas.


"Saya tidak pernah stigmakan TNI gerombolan," ujarya.


Seperti diketahui, video sejumlah prajurit TNI protes atas ucapan Effendi Simbolon beredar di media sosial. Mereka bereaksi karena Effendi menyebut TNI seperti gerombolan.


Dari video yang beredar, para prajurit tersebut menyatakan TNI tetap solid. Mereka meminta Effendi Simbolon menyampaikan permintaan maaf dan memberikan klarifikasi atas ucapan tersebut.


Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Hamim Tohari menyatakan pernyataan para prajurit tersebut dibuat bukan berdasarkan instruksi TNI AD.


"Saat ini siapapun bisa menyampaikan dan mengakses apapun melalui medsos," kata Brigjen Hamim kepada wartawan, Selasa (13/9/2022).


"Tetapi saya sampaikan bahwa organisasi atau pimpinan TNI AD tidak pernah mengeluarkan instruksi atau perintah untuk melakukan hal tersebut," tandasnya. (astj/dts)