Notification

×

Iklan

Iklan

Giliran Ketua PSSI Iwan Bule Jadi 'Korban' Doxing Terbaru Bjorka

Selasa, 13 September 2022 | 13:01 WIB Last Updated 2022-09-13T06:01:55Z

Mochamad Iriawan jadi korban doxing Bjorka. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

ARN24.NEWS
– Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule menjadi korban doxing atau pengungkapan data pribadi pertama Bjorka hari ini. Sibuk di dunia olahraga tidak membuat Mochamad Iriawan lepas dari doxing Bjorka yang selama sepakan terakhir 'menyapa' pejabat-pejabat Indonesia.


"Gm sir. how does it feel to be close friends with gambling bosses? (Selamat pagi Pak. Bagaimana rasanya menjadi teman dekat bos judi?)" tulis Bjorka di grup barunya pada Selasa (13/9/2022) pagi.


Nama Iriawan belakangan ini ramai karena menolak menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) untuk FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao pada 27 September mendatang.


Doxing yang dilakukan Bjorka pada Iwan Bule menambah panjang daftar doxing yang dilakukannya.


Sebelumnya pada Senin (12/9/2022), Bjorka telah melakukan doxing pada 7 tokoh publik, mulai dari Menkominfo Johnny G. Plate, Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri BUMN Erick, pegiat media sosial Denny Siregar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.


Doxing sendiri adalah tindakan mengungkap informasi identitas tentang seseorang secara online, seperti nama asli, alamat rumah, tempat kerja, telepon, keuangan, dan informasi pribadi lainnya. Informasi ini kemudian diedarkan ke publik tanpa seizin korban.


Doxing yang dilakukan Bjorka di grup Telegram memiliki format seragam, yakni narasi yang ditujukan kepada target disertai gambar yang memuat identitas target doxing.


Gambar tersebut memuat data pribadi seperti nama, nomor telepon, NIK, nomor KK, alamat, golongan darah, hingga data vaksin. Kini total terdapat 11 korban serangan doxing yang dilakukan Bjorka.


Terbaru hari ini bersama Iwan Bule, nama aktivis media sosial Abu Janda, Menkopolhukam Mahfud MD, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar atau Cak Imin turut menjadi korban doxing Bjorka. (lom/nva)