Notification

×

Iklan

Iklan

Hasil UNL: Kroasia, Spanyol, Italia dan Belanda ke Semifinal

Rabu, 28 September 2022 | 15:17 WIB Last Updated 2022-09-28T08:17:46Z

ARN24.NEWS --
Empat tim dipastikan lolos ke final four UNL (UEFA Nation League) 2022/2023. Di antaranya Kroasia, Spanyol, Italia, dan Belanda. Dalam klasemen akhir Liga A, Inggris dan Wales mengalami degradasi. 

Sedangkan tiket promosi dari Liga B direbut Skotlandia, Israel, Bosnia & Herzegovina, serta Serbia. Timnas Spanyol menggenapi daftar tim lolos babak final UNL 2022/2023 pasca-kemenangan 0-1 kontra Portugal pada Rabu (28/9/2022). Dalam partai pemungkas Liga A Grup 2 yang berlangsung di Stadion Braga itu, gol tunggal La Roja dilesakkan oleh Álvaro Morata pada penghujung laga menit 88'. 

Alhasil, tim yang ditukangi Luis Enrique itu berada di puncak klasemen dengan torehan 11 poin. Spanyol hanya unggul 1 angka saja dengan Portugal yang finis sebagai runner-up Liga A Grup 2. Dengan demikian, daftar tim yang lolos babak final four UNL 2022/2023 kini sudah lengkap. 

Sehari sebelumnya, 3 negara lain, yakni Kroasia, Italia, dan Belanda sudah memastikan tampil di fase tersebut. Timnas Kroasia mengakhiri penampilan di Grup 1 sebagai jawara setelah menyingkirkan rival terberat, Denmark. 

Kedua tim ini hanya berjarak 1 angka saja pada klasemen akhir. Dari Grup 3, Italia merebut tiket lolos final four usai menjalani persaingan sengit dengan Hungaria. Sama halnya dengan Grup A, kedua kubu juga hanya terpaut 1 angka. Belanda Mendominasi Grup 4. 

Sedangkan Belanda mendominasi Grup 4 dengan torehan 16 poin. Oranje yang dilatih Louis Van Gaal tercatat menjadi satu-satunya tim yang tidak tersentuh kekalahan selama Liga A UNL 2022/2023. Dari 6 pertandingan, Virgil van Dijk dan kawan-kawan meraih 5 kali kemenangan dan sekali imbang. 

Belanda juga unggul jauh atas Belgia yang finis runner-up dengan selisih 6 poin. Sementara 4 tim dipastikan mengalami degradasi ke Liga B pada musim depan setelah menduduki juru kunci masing-masing grup. Selain Inggris dan Wales yang terlempar dari Liga A, juga terdapat Austria dan Ceko yang mengalami nasib sama. The Three Lions asuhan Gareth Southgate seolah tidak mampu bersaing di Grup 3 Liga A. 

Mereka menduduki posisi paling buncit via 3 angka dan tidak pernah meraih kemenangan atas Italia, Hungaria, serta Jerman. Demikian pula yang dialami Timnas Wales. The Dragons kalah bersaing di Grup 4 dengan Belanda, Belgia, dan Polandia. Gareth Bale dan kolega hanya meraih 1 poin saja tanpa kemenangan. 

Ada pun Austria dan Republik Ceko keluar sebagai juru kunci masing-masing grup dengan torehan 4 poin. Pada musim depan, juga ada 4 negara lainnya yang akan menjalani promosi ke Liga A dari Liga B. Di antaranya ialah Skotlandia, Israel, Bosnia & Herzegovina, serta Serbia. Artinya, mereka akan memiliki kesempatan untuk bersaing dengan sejumlah tim top Eropa dalam hajatan UNL 2023/2024 mendatang. 

Daftar Tim Promosi & Degradasi UNL 2022/2023: 
*Lolos final four: Kroasia, Spanyol, Italia, dan Belanda 

*Promosi ke Liga A: Skotlandia, Israel, Bosnia & Herzegovina, Serbia 

*Degradasi ke Liga B: Austria, Ceko, Inggris, Wales 

*Promosi ke Liga B: Türki, Yunani, Kazakhstan, Georgia 

*Degradasi ke Liga C: Armenia, Rusia, Rumania, Swedia 

*Promosi ke Liga C: Latvia, Estonia Play-off: Lithuania, Siprus, Belarusia, Gibraltar. (trt/nt)