Notification

×

Iklan

Iklan

Kata Ahli Ciri Khas Orang Batak Itu: 'Wajah Rambo Hati Rinto'

Rabu, 19 Oktober 2022 | 23:10 WIB Last Updated 2022-10-19T16:10:46Z

(Foto: Pradita Utama/detik.com)

ARN24.NEWS
– Berbagai suku dan budaya masyarakat di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing. Termasuk orang dari suku Batak Toba di Sumatera Utara (Sumut).


Pengamat sosial dari Universitas Negeri Medan (Unimed), Dr Bakhrul Khair Amal mengatakan ada beberapa ciri khas orang dari suku Batak Toba. Salah satunya soal bentuk wajah. 


Dia menyebut kebanyakan orang Batak sangar seperti Rambo, tetapi memiliki perasaan yang sensitif.


"Wajah Rambo, hati Rinto. Secara wajah sangar tapi melow. Kalau kita lihat bentuk wajahnya, kita bisa menilai dia orang Batak. Di lain sisi, orang Batak ini sangat sensitif terhadap perasaan," ucap Bakhrul dilansir detikSumut, Rabu (19/10/2022).


Perasaan sensitif dari orang Batak ini, kata Bakhrul, dapat dilihat jika mereka bermain musik atau mendengarkan musik. Menurut Bakhrul, meski wajahnya sangar, orang Batak bisa menangis jika mendengarkan lagu yang menyentuh perasaannya.


"Alat ukurnya kalau dikasih gitar, mendengar lagu dia bisa menangis," ucap Bakhrul.


Selain itu, Bakhrul mengatakan orang Batak juga bisa dinilai dari cara berbicaranya. Bakhrul menyebut orang Batak saat berbicara umumnya menggunakan suara yang keras dan menggunakan konsonan e.


"Kalau dia bilang komputer, huruf e nya itu akan menunjukkan dia orang Batak. Contoh lain kalau dia ngomong bagaimana itu dengan kata cemana," tutur Bakhrul.


"Suaranya juga keras. Beda dengan Karo yang lebih mendayu," imbuhnya.


Bakhrul menjelaskan orang dari suku Batak juga memiliki pemikiran yang rasional. Hal ini yang turut mendorong banyak orang Batak yang berprofesi sebagai hakim, jaksa, mau pun pekerjaan di bidang hukum lainnya.


"Orang Batak ini suka sebagai penegak hukum yang masuk pada perdebatan yang tinggi untuk dapat menerima rasionalitas yang tinggi. Kemudian suka berdebat, berbeda dengan orang Jawa yang tidak suka berdebat," jelasnya. (afb/dts)