Notification

×

Iklan

Iklan

Soal Penyediaan Bahan Pangan Pokok, Pemko Medan dan Pemkab Dairi Capai Kesepahaman Draft Kerjasama

Minggu, 02 Oktober 2022 | 23:59 WIB Last Updated 2022-10-02T17:00:36Z

Pemko Medan dan Pemkab Dairi mencapai kesepahaman mengenai draft kesepakatan kerja sama antar-daerah. Hal sebagai tindak lanjut langkah Pemko Medan dalam upaya penyediaan bahan pokok untuk pengendalian inflasi. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Pemko Medan dan Pemkab Dairi mencapai kesepahaman mengenai draft kesepakatan kerja sama antar-daerah. Hal sebagai tindak lanjut langkah Pemko Medan dalam upaya penyediaan bahan pokok untuk pengendalian inflasi. 


Kesepahaman ini dicapai setelah Pemko Medan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemkab Dairi, Jumat (30/9/2022). Kunker ini dipimpin oleh Asisten Ekbang Pemko Medan Mansursyah. 


Turut mendampingi Asisten Ekbang antara lain Kabag Kerjasama Pemko Medan Nurbaiti Harahap, Kabag Perekonomian Pemko Medan Regen, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno, Dirbang/SDM PUD Pasar Medan Imam Abdul Hadi, Kepala Bagian Perizinan dan Usaha PUD Pasar Medan serta Kepala Pasar Kemiri A Ronald Sihotang. 


Kedatangan perwakilan Pemko Medan diterima langsung oleh Sekda Dairi Budianta Pinem, yang didampingi  Asisten Ekbang Dairi Jonni Waslin Purba, Kadis Perindagkop Dairi Iwan Taruna Berutu, dan kepala OPD terkait. 


Asisten Ekbang Pemko Medan Mansursyah menjelaskan kedatangan pihaknya sebagai upaya untuk pengendalian inflasi di Medan atas arahan Wali Kota Medan Bobby Nasution. Dairi sebagai salah satu wilayah penghasil komoditi, khususnya cabai menjadi daerah yang direncanakan menjalin kerja sama antar-daerah (KAD). 


"Kedatangan kami ini untuk membahas tindak lanjut kerjasama penyediaan bahan pangan pokok, terutama cabai. Kami ucapkan terima kasih karena dari diskusi yang dilakukan telah tercapai kesepahaman mengenai draft kerjasama," papar Asisten Ekbang. 


Selain itu, lanjut Asisten Ekbang, draft perjanjian kerja sama antara PUD Pasar Kota Medan dengan Koperasi Cimata Makmur Kabupaten Dairi juga telah rampung disepakati. Asisten Ekbang berharap kesepahaman ini bisa berlanjut dan dapat mensejahterakan petani. 


Sementara itu Sekda Dairi Budianta Pinem menuturkan semoga kesepahaman ini bisa membawa keberkahan bagi petani dan masyarakat Medan bisa tercukupi kebutuhan pangan, terutama cabai. 


"Kami juga berterima kasih, karena selaku daerah pertanian selalu kesulitan pada saat harga komoditas tidak stabil. Adanya pertemuan Pak Bupati dan Pak Wali Kota, menunjukan bahwa kita ini betul-betul mencintai masyarakat," ujar Sekda. 


Di kesempatan yang sama, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno berharap kerjasama ini dapat saling menguntungkan bagi kedua belah pihak


"Hasil pertanian di Dairi, terutama cabai mampu memenuhi ketersediaan pangan bagi masyarakat Medan. Tak hanya itu, juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Dairi," kata Dirut PUD Pasar Medan Suwarno. (mdn/rfn)