Notification

×

Iklan

Iklan

Bobby Datangkan 4 Negara Tetangga, 10 Provinsi Meriahkan Gemes 2022, Menparekraf: Sudah Masuk KEN

Selasa, 01 November 2022 | 10:07 WIB Last Updated 2022-11-01T03:07:22Z

Even Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2022 yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN). (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Setelah dua tahun dihentikan menyusul pandemi Covid-19 menerpa, even Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2022 kembali digelar di Istana Maimun Medan, Senin (31/10/2022) malam. Membanggakan lagi, Gemes tahun ini masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN).


"Artinya Gemes merupakan event yang terpilih di seluruh Indonesia yang akan menjadi pembangkit ekonomi kita dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno saat membuka Gemes, dalam siaran pers diterima redaksi, Selasa (1/11/2022).


Tidak mudah masuk KEN, jelas Sandiaga, karena KEN dibangun atas arahan Presiden RI Joko Widodo yang mengharuskan even-even daerah terkurasi. Dikatakannya, Kota Medan yang dianugerahi berbagai potensi telah dikurasi dan Gemes sudah masuk KEN.


"Ini harus terus dikembangkan, didorong dan dipromosikan. Ini seni budaya Melayu, kebetulan saya juga kelahiran Pulau Sumatera. Saya melihat bangunan bersejarah seperti Istana Maimun sebagai uniq selling point dari Kota Medan," paparnya.


Sandiaga selanjutnya berharap agar Kota Medan dapat menjadi destinasi wisata berkualitas, berkelanjutan dan kondusif. Diakui Sandiaga, ia terkesima dengan visi Wali Kota yakni The Kitchen of Asia.


"Setelah pandemi Covid-19, insya Allah telah kita lalui dengan baik. Mari kita wujudkan The Kitchen of Asia. Inflasi kita atasi dan  potensi resesi tahun depan mudah-mudahan kita mitigasi. Jika kita bergandengan tangan, termasuk IMT GT, kita bangun kondisi Sosio ekonomi masyarakat," ajaknya.


Selanjutnya, Sandiaga dalam sambutannya menitipkan 3 Si yaitu Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi yang didukung dengan semangat 3G yakni Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama) dan Gaspol (garap semua potensi, termasuk potensi online).


Sementara itu Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan rasa syukurnya karena event Gemes dapat kembali digelar setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.


Selain sebagai upaya melestarikan keberagaman seni budaya Melayu di Kota Medan, menantu Presiden Joko Widodo ini berharap agar Gemes dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. 


"Kita berharap melalui Gemes, wisatawan nusantara dan mancanegara semakin lebih banyak lagi berkunjung ke Kota Medan," harap Bobby Nasution.


Dalam pembukaan yang berlangsung meriah ini, Wali Kota juga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) setelah Tari Zapin dibawakan 5 negara serumpun yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Brunei Darusalam.


Selain kelima negara tetangga tersebut, Bobby Nasution juga mendatangkan ketua IMT GT Mr Pol Lt Gen Sakorn Thungmunee selaku Wali Kota Hat Yai Thailand serta sejumlah kota dan kabupaten dari 10 provinsi di Indonesia seperti Sabang, Banda Aceh, Tapanuli Tengah, Jambi, Dumai, Pekanbaru dan Padang untuk ikutserta memeriahkan Gemes 2022. (sh)