Notification

×

Iklan

Iklan

Indra Efendi Rangkuti: Peluang Belanda Besar Kalahkan Ekuador

Jumat, 25 November 2022 | 17:26 WIB Last Updated 2022-11-25T10:26:59Z
Indra Efendi Rangkuti (Staff Tax Centre USU & Pemerhati Olahraga Sumut)

ARN24.NEWS --
Belanda akan berhadapan dengan Ekuador pada laga kedua Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa International, Jumat (25/11/2022) pukul 23.00 WIB. Belanda dan Ekuador sama-sama meraih  kemenangan atas lawannya masing-masing di laga perdana. Belanda manaklukkan Senegal 2-0 dan Ekuador juga sukses menumbangkan tuan rumah Qatar 2-0.

Salah satu tim yang meraih kemenangan di laga ini akan memastikan satu tempat ke babak 16 besar. Sementara tim yang kalah akan bersaing dengan Qatar dan Senegal yang tengah berjuang merebut tiket ke fase gugur.

"Belanda tampil kurang meyakinkan meski sukses meraih kemenangan 2-0 atas Senegal di laga perdana. Dua gol yang dilesakkan Oranje tercipta karena kesalahan pemain belakang lawan. Pola 'Total Football' yang selama ini menjadi ciri khas permainan Belanda belum terlihat," ulas Staf Tax Centre USU & Pemerhati Olahraga Sumut, Jumat (25/11/2022).

Berbeda dengan Ekuador. Kata dia, Ekuador tampil lebih atraktif pada laga yang berujung kemenangan 2-0 atas Qatar lewat 2 gol yang dicetak  bintangnya yaitu Enner Valencia. Meski demikian Louis Van Gaal sang pelatih Belanda dikenal punya jurus - jurus jitu untuk memecah kebuntuan seperti yang ditampilkan pada laga perdana melawan Senegal. 

Masuknya Memphis Depay dan Davy Klaassen membuat permainan Belanda lebih hidup dan berujung pada 2 gol kemenangan belanda di injury time lewat gol dari Cody Gakpo dan Davy Klassen.

"Tentu Louis Van Gaal sudah belajar dari kekurangan yang ada pada laga perdana.Ditambah kegemilangan lini belakang Belanda yang solid di bawah komando sang Kapten Virgil Van Dijk dan penampilan gemilang Andres Noppert di bawah mistar membuat Belanda bisa fokus untuyk membangun serangan," ujarnya meyakinkan.

Variasi serangan yang dikoordinir oleh Frankie De Jong didukung Steven Bergwijn, menurut Indra Efendi Rangkuti, perlu lebih dikembangkan. Dengan maksud supaya tidak terkesan monoton. 

"Dan dalam duel kali ini tidak ada salahnya Memphis Depay dimainkan sejak awal pertandingan untuk mendampingi Cody Gakpo di lini depan.Cody Gakpo yanhg saat ini diperebutkan oleh AC Milan dan MU ini sudah membuktikan dirinya bisa diandalkan oleh Belanda untuk menembus lini pertahanan lawan," sarannya.

Meski demikian, Belanda harus waspada. Ekuador mencuri perhatian ketika mereka mampu bermain percaya diri dalam duel melawan Qatar yang didukung mayoritas penonton di dalam stadion. Mereka terbukti mampu menunjukkan kematangan psikologis menghadapi "teror" publik tuan rumah pada laga perdana.

Ekuador bertekad mempertahankan tren positif saat menghadapi Belanda. Sebaliknya Belanda juga ingin melanjutkan kemenangan saat bertemu Ekuador. Tren positif yang dimiliki kedua tim akan membuat laga Belanda vs Ekuador bakal menarik. 

"Saya prediksi di laga ini akan terjadi duel diwarnai jual beli serangan yang cepat dan menarik," ungkap Indra Efendi Rangkuti lagi menimpali. 

Dengan melihat fakta - fakta yang ada dan kemampuan bintang - bintang yang dimilki Belanda, pastinya Indra Efendi Rangkuti berpihak kepada The Orange alias Timnas Belanda. 

"Saya memprediksikan Belanda akan sukses menaklukkan Ekuador malam ini sekaligus memastikan tiket untuk lolos ke babak 16 Besar," tukas pria sekaligus mengidola Tim Kincir Angin mengakhiri. (saze)