Notification

×

Iklan

Iklan

Joe Biden ke KTT G20 di Bali Bawa 'The Beast' Limosin Anti Bom dan Peluru

Senin, 14 November 2022 | 17:08 WIB Last Updated 2022-11-14T10:08:16Z

Mobil limosin lapis baja khusus Presiden AS memiliki julukan The Beast. (AFP PHOTO / SAUL LOEB)

ARN24.NEWS
– Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah tiba di Bali untuk mengikuti puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Minggu (13/11/2022) malam.


Setelah turun dari Pesawat Air Force One di Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai sekitar pukul 22.14 Wita, Joe Biden terlihat menaiki mobil dinas kepresidenan Amerika Serikat yang dijuluki The Beast.


Sebagai informasi, Biden diperbolehkan membawa mobil lapis baja atau antipeluru sendiri. Pasalnya, pemerintah Indonesia selaku tuan rumah tak mempunyai kendaraan anti peluru yang cukup bakal memenuhi permintaan semua tamu dan pimpinan negara.


Sudah tentu, orang nomor satu di negeri Paman Sam ini memboyong mobil andalannya yang dikenal dengan julukan The Beast tersebut


The Beast, merupakan sebuah limosin khusus yang digunakan Biden sejak ia menjabat sebagai Presiden AS ke-46 pada Januari 2021 silam.


The Beast, sebutan untuk limosin khusus yang digunakan Joe Biden pada hari pertamanya sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46, adalah mobil misterius. Secret Service yang mengoperasikan The Beast tak pernah mengungkap soal spesifikasinya, namun sebagian informasi soal itu telah diungkap banyak pihak.


Car and Driver menjelaskan The Beast yang melayani Biden dibuat dari sasis truk kelas berat GMC TopKick, namun eksteriornya dirangkai seperti limosin yang mirip sedan Cadillac CT6 atau XTS.


Penampilan sedan bisa membuat orang terkecoh soal dimensinya, tapi sebenarnya The Beast berukuran lebih besar dari SUV atau truk.


Car and Driver menyatakan mesin yang digunakan The Beast tidak diketahui, namun dijelaskan butuh unit bertenaga kuat untuk menggerakkan mobil ini yang beratnya disebut 15 ribu pound atau sekitar 6,8 ton.


Semua limusin untuk presiden ini dirancang dengan tingkat keamanan super tinggi. Terapan keamanan seperti kaca 5 inci dan pintu 8 inci yang dikatakan sama seperti pintu pesawat komersial.


The Beast juga dikatakan dirancang menggunakan titanium, keramik, dan pelat antibom yang dipasang di bagian bawah.


The Beast juga dibekali fitur seperti run-flat tyre, perlengkapan penglihatan malam hari, suplai oksigen, telepon satelit, dan kode nuklir. Mobil ini juga bisa menembakkan tabung gas ke luar melalui bumper depan.


Mesin untuk The Beast disinyalir diesel 5.000 cc. Ini dipilih lantaran bahan bakar diesel tak mudah terbakar meski pada situasi kondisi sedang baku tembak.


Selain itu The Beast menyimpan golongan darah presiden, lengkap dengan defibrilator dan perlengkapan darurat lainnya.


The Beast juga punya alat transportasi sendiri berupa pesawat kargo Globemaster C-17 untuk mengangkutnya kemana pun presiden pergi. (tim/kid)