Notification

×

Iklan

Iklan

Jordi dan Sandy Resmi WNI, Jumlah Pemain Naturalisasi Indonesia 37 Orang

Kamis, 17 November 2022 | 23:49 WIB Last Updated 2022-11-17T16:49:24Z

Setelah Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), kini total jumlah pemain sepak bola naturalisasi mencapai 37 orang. Jordi Amat dan Sandy Walsh menjadi pemain naturalisasi terbaru yang dimiliki Indonesia. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)

ARN24.NEWS
– Setelah Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), kini total jumlah pemain sepak bola naturalisasi mencapai 37 orang.


Jordi dan Sandy menjalani prosesi pengambilan sumpah WNI di Kanwil Kemenkumham, Jakarta, Kamis (17/11/2022). Keduanya dinaturalisasi PSSI atas permintaan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong.


Keduanya diproyeksi bisa membela tim Garuda di Piala Asia 2023. Jika memungkinkan, keduanya juga akan diupayakan tampil di Piala AFF 2022 yang akan berlangsung mulai Desember.


Dari jumlah 37 pemain naturalisasi itu sebagian besar dari Eropa, utamanya dari Belanda. Ada juga dari benua Amerika, Afrika, dan Asia tetapi jumlahnya tidak menonjol.


Namun demikian tidak semua pemain yang sudah dinaturalisasi dilakukan PSSI. Bahkan sebagian besar di antaranya dibantu atau disponsori oleh klub setelah pemain tersebut tinggal di Indonesia lebih dari lima tahun.


Pemain pertama yang dinaturalisasi oleh Indonesia adalah Van der Vin. Kiper berdarah Belanda ini dinaturalisasi lewat permintaan PSSI untuk membela Timnas Indonesia pada 1950.


Namun pemain naturalisasi yang mencuri perhatian adalah Cristian Gonzales, yakni pada 3 November 2010. Hanya saja pemain asal Uruguay itu tidak lewat jalur PSSI melainkan keinginan sendiri.


Pemain lain yang mendapat status WNI karena keinginan sendiri adalah Marc Klok, Otavio Dutra, Ilija Spasojevic, juga Alberto Goncalves. Namun terdapat pula campur tangan klub dalam proses tersebut.


Sudah begitu tidak semua pemain naturalisasi membela Timnas Indonesia. Beberapa di antaranya adalah OK Jhon, Mahamadou Al Hadji, Godstime Ouseloka Egwuatu, dan Fabiano Beltrame.


Sejauh ini pemain naturalisasi dengan caps terbanyak adalah Gonzales. Striker 46 tahun yang belum pensiun dari sepak bola profesional ini telah membela Timnas Indonesia 29 kali.


Jumlah pemain naturalisasi ini bakal bertambah lagi karena ada tiga nama lagi yang sedang diproses. Ketiga pemain tersebut adalah Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Justin Hubner.


Daftar 37 Pemain Naturalisasi Indonesia:

1. Jordi Amat

2. Sandy Walsh

3. Marc Anthony Klok

4. Otavio Dutra

5. Ilija Spasojevic

6. Ezra Walian

7. Alberto Goncalves

8. Cristian Gonzales

9. Greg Nwokolo

10. Stefano Lilipaly

11. Kim Jeffrey Kurniawan

12. Esteban Vizcarra

13. Victor Igbonefo

14. Herman Dzumafo Epandi

15. Sergio van Dijk

16. OK Jhon

17. Mahamadou Alhadji

18. Bio Paulin

19. Tonnie Cusell

20. Jhonny van Beukering

21. Ruben Wuarbanaran

22. Raphael Maitimo

23. Diego Michiels

24. Guy Junior Ondoua

25. Osas Saha

26. Godstime Ouseloka Egwuatu

27. Cristian Alejandro

28. Fabiano Beltrame da Rosa

29. Arnold van der Vin

30. Esaiah Pello Benson

31. Fassawa Camara

32. Sackie Teah Doe

33. Bruno Casimir

34. Mamadou Diallo

35. Zoubairou Garba

36. Mufutau Opeyemi Ogunsola

37. Silvio Escobar


(abs/nva)