Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi Jerman VS Jepang: Akankah Panser Terhalau Sang Matahari? (LIVE SCTV RABU MALAM PUKUL 20.00 WIB)

Rabu, 23 November 2022 | 11:36 WIB Last Updated 2022-11-23T04:36:52Z

ARN24.NEWS --
Timnas Jerman berhadapan dengan Timnas Jepang di Khalifa International Stadium pada matchday 1 Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) pukul 20.00 WIB. Terdapat 2 kali pertemuan Jerman vs Jepang, yang semuanya terjadi dalam tajuk laga persahabatan. 

Tahun 2004 Jerman menang telak 3-0, melalui gol Miroslav Klose (2 gol) dan Michael Ballack. Dua tahun berselang, dalam masa persiapan jelang Piala Dunia 2006 kedua negara bermain imbang 2-2. Jepang sempat unggul melalui 2 gol Naohiro Takahara. Tapi Jerman menyamakan skor lewat Klose dan Bastian Schweinsteiger.

Timnas Jerman asuhan Hansi Flick memang dalam posisi unggulan dalam laga ini. Status mereka sebagai juara Piala Dunia 2014 serta keunggulan komposisi pemain yang menjadi penyebabnya. Sedangkan Timnas Jepang merupakan salah satu kuda hitam yang patut diwaspadai. Skuad Samurai Biru punya banyak pemain muda bertalenta yang bisa diandalkan pelatih Hajime Moriyasu untuk menciptakan kejutan. 

Piala Dunia 2022 Jerman menuai hasil positif dalam laga uji coba terakhir jelang dimulainya Piala Dunia 2022. Mereka sukses mengalahkan Oman berkat gol tunggal Niclas Fullkrug. Kemenangan itu jelas menambah rasa percaya diri skuad Die Mannschaft, julukan Timnas Jerman, jelang duel kontra Jepang. Berada dalam posisi unggulan membuat Jerman enggan jumawa. 

Ingat, 4 tahun lalu di Rusia mereka dipermalukan oleh Korea Selatan 2-0. Manuel Neuer selaku kapten tim mengingatkan rekan-rekannya untuk tetap tenang di laga nanti. "Kami harus tetap tenang sekalipun kami bisa memulai laga dengan bagus. Kami punya kekuatan dan punya pemain yang bagus dalam situasi satu lawan satu. Jika kami bisa memanfaatkan itu, kami punya peluang bagus," kata Neuer, di laman resmi DFB. 

Di sisi lain, Jepang kalah 1-2 di tangan Kanada dalam laga uji coba terakhirnya. Unggul melalui gol Yuki Soma pada menit 9, Jepang malah terkena comeback dari wakil Amerika Utara itu. Sepasang gol balasan Kanada diciptakan Steven Vitoria menit 21, lalu penalti Lucas Cavallini menit 95. Moriyasu merasa kecewa dengan hasil tersebut karena bisa berimbas terhadap kepercayaan diri tim. 

Tapi sang pelatih memandang bahwa kekalahan itu datang di saat yang tepat. Artinya, Jepang masih punya waktu melakukan evaluasi jelang laga perdana Piala Dunia 2022. "Kami sebenarnya ingin menang (lawan Kanada) untuk mendapatkan momentum dan demi suporter. Secara hasil ini tentu mengecewakan jelang laga melawan Jerman. Tapi hasil ini bisa menjadi bahan evaluasi yang bagus," ucap Moriyasu, dikutip dari laman JFA.

Catatan ARN24.NEWS
 
Setelah gagal total di Piala Dunia 2018, Jerman tentu tak ingin hal yang sama terulang di Qatar. Bersama pelatih baru Hansi Flick, Jerman telah menunjukkan perkembangan yang menjanjikan.
Dalam 16 pertandingan bersama Flick sejauh ini, Jerman baru kalah sekali. Meski belakangan ini menunjukkan performa yang kurang meyakinkan, Jerman dengan 'mode turnamennya' pantas menatap laga pertama nanti dengan percaya diri.

Jepang sendiri sebenarnya tak bisa diremehkan. Ditopang pemain-pemain seperti Yuto Nagatomo, Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Takumi Minamino, Takefusa Kubo, hingga Daichi Kamada, wakil Asia ini berpotensi mengejutkan.

Grup E ini tergolong sangat berat. Selain Jerman dan Jepang, grup ini juga dihuni Spanyol dan Kosta Rika. Start terbaik dibutuhkan jika ingin menjaga peluang untuk lolos ke babak berikutnya. Sejauh ini Kai Havertz diprediksi bakal mengisi posisi striker tunggal Jerman dalam laga kali ini, kendati Flick masih punya opsi dalam diri Fullkrug atau Karim Adeyemi. 

Sementara Timnas Jepang mengandalkan komposisi pemain yang memadukan skuad yang berasal dari liga domestik dan luar negeri. Terdapat 3 pemain kunci yang diprediksi jadi nyawa lini depan Samurai Biru, yakni: Takefusa Kubo, Kaoru Mitoma, dan Takumi Minamino. Jerman tak terkalahkan dalam 2 pertemuan dengan Jepan sejauh ini. Jerman selalu mencetak minimal 2 gol di tiap laga dalam 2 pertemuan dengan Jepang sebelum ini.

Jerman cuma kalah 1 kali dalam 16 laga terakhirnya. Jerman cuma menang 2 kali dalam 8 laga terakhirnya. Jerman cuma mencatatkan 1 clean sheet dalam 8 laga terakhirnya. Jepang cuma menang 4 kali dalam 9 laga terakhirnya. Jepang cuma kalah 1 kali dalam 6 laga terakhirnya. Jepang mencatatkan 5 clean sheet dan cuma kebobolan total 2 gol dalam 6 laga terakhirnya.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; David Raum, Antonio Rudiger, Niklas Sule, Thilo Kehrer; Joshua Kimmich, Leon Goretzka; Leroy Sane, Jamal Musiala, Serge Gnabry; Kai Havertz. (Pelatih: Hansi Flick)

Jepang (4-2-3-1): Shuichi Gonda; Yuto Nagatomo, Maya Yoshida, Takehiro Tomiyasu, Hiroki Sakai; Gaku Shibasaki, Hidemasa Morita; Takefusa Kubo, Daichi Kamada, Junya Ito; Takumi Minamino. (Pelatih: Hajime Moriyasu). 

HEAD TO HEAD: 
Pertemuan: 2
Jerman menang: 1
Gol Jerman: 5
Seri: 1
Jepang menang: 0
Gol Jepang: 2.

5 PERTANDINGAN TERAKHIR JERMAN: 
12/06/22 Hungaria 1-1 Jerman (UNL)
15/06/22 Jerman 5-2 Italia (UNL)
24/09/22 Jerman 0-1 Hungaria (UNL)
27/09/22 Inggris 3-3 Jerman (UNL)
17/11/22 Oman 0-1 Jerman (Friendly).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR JEPANG: 
24/07/22 Jepang 0-0 China (EAFF E-1 Football Championship)
27/07/22 Jepang 3-0 Korea Selatan (EAFF E-1 Football Championship)
23/09/22 Jepang 2-0 Amerika Serikat (Friendly)
27/09/22 Jepang 0-0 Ekuador (Friendly)
17/11/22 Jepang 1-2 Kanada (Friendly).

STATISTIK: 
JERMAN Menang: 68%
Imbang: 19%
JEPANG Menang: 13%
SKOR: 2 - 1 (0 : 1 1/4). (nt/sumber)