Notification

×

Iklan

Iklan

Indra Efendi Rangkuti: Sengit, Belanda 'Unjuk Gigi' Lawan USA

Sabtu, 03 Desember 2022 | 12:58 WIB Last Updated 2022-12-03T05:58:07Z
Indra Efendi Rangkuti (Staf Tax Centre USU & Pemerhati Olahraga Sumut). 

ARN24.NEWS --
Belanda akan menghadapi Amerika Serikat pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Belanda mengamankan tiket lolos usai keluar sebagai juara grup A. Performa gemilang Cody Gakpo yang selalu mencetak gol di tiga laga fase grup dominan dalam hasil yang diraih Belanda.

"Saya menyakini pemain PSV Eindhoven yang kini diperebutkan AC Milan dan MU itu akan kembali jadi andalan di lini depan Belanda. Pelatih Louis Van Gaal butuh sentuhan magis Gakpo untuk menyingkirkan AS yang berstatus tim kuda hitam," ulas Indra Efendi Rangkuti selaku Staf Tax Centre USU dan Pemerhati Olahraga Sumut, Sabtu (3/12/2022). 

Dikatakan, Christian Pulisic cs memperlihatkan performa agresif dan impresif di Grup B. Anak asuh Gregg Berhalter selalu tampil agresif dan menyulitkan tim lawan. Belanda harus siap beradu agresif dengan AS. Selain itu, anak asuh Louis Van Gaal harus cerdik meladeni high press dan counter attack yang begitu baik ditampilkan AS di penyisihan grup.

Sejauh ini, kata dia, Belanda punya rapor bagus saat berjumpa Amerika Serikat. Dari lima pertemuan kedua tim, Belanda sukses mengemas empat kemenangan atas AS. Permainan Belanda banyak dikritik selama fase grup. Tanpa gol-gol dari Gakpo, mereka mungkin akan kalah saing dari Ekuador dalam perebutan tiket ke babak 16 besar.

"Total Football yang selama ini menjadi "trademark" Belanda yamg ditakuti lawan sama sekali belum terlihat. Belanda juga harus waspada kepada back kanan AS Sergino Dest karena Dest adalah kelahiran Belanda dan dibesarkan oleh Ajax sebelum akhirnya memilih membela AS mengikuti kewarganegaraan ayahnya," beber Indra Efendi Rangkuti.

Beberapa bintang Belanda saat ini spt Frankie De Jong,Davy Klaassen,Mathijs De Light adalah mantan rekan setimnya di Ajax.Tentu pola permainan Belanda tidak asing bagi back kanan AC Milan ini. Tugas berat bagi Van Gaal untuk menemukan "mesin gol" lain selain Cody Gakpo.Begitu jg AS menemukan sumber kekuatan lain selain Christian Pulisic.

"Laga ini berpeluang berlanjut ke adu penalti jika melihat performa kedua tim di penyisihan. Tentu saja Van Gaal kini berharap kematangan mental para bintang Belanda yang sudah teruji di liga-liga top Eropa, seperti Spanyol, Inggris, Italia dan tentu saja Liga Belanda bisa mendongkrak permainan De Oranje di laga 16 Besar ini," seru Indra Efendi Rangkuti lagi. 

Dengan melihat fakta-fakta, Indra Efendi Rangkuti memprediksi jalannya pertadingan berlangsung ketat. "Tapi saya optimis Belanda sukses dan menang melawan Amerika Serikat di laga perdana babak 16 besar ini," pungkasnya. (saze)