Notification

×

Iklan

Iklan

Jenderal Andika Perkasa Resmi Serahkan Jabatan Panglima TNI ke Yudo Margono

Selasa, 20 Desember 2022 | 10:59 WIB Last Updated 2022-12-20T03:59:37Z

Jenderal Andika Perkasa resmi menyerahkan jabatan Panglima TNI ke Laksamana Yudo Margono di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)

ARN24.NEWS
– Jenderal Andika Perkasa resmi menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada Laksamana Yudo Margono dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2022).


Upacara serah terima jabatan dilakukan dengan pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.


Kemudian dilanjut dengan penyerahan Panji TNI Tri Dharma Eka Karma dan penandatanganan naskah serah terima jabatan dari Andika kepada Yudo.


Upacara sertijab hari ini digelar usai Yudo dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (19/12/2022) kemarin.


Yudo adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988. Pada awal karier, Yudo bergabung dengan KRI YNS dengan menjabat Asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Senjata Artileri Rudal.


Berbagai penugasan di kapal perang RI dan sejumlah jenjang pendidikan militer telah dijalani Yudo.


Pada 2015, ia mendapat promosi jabatan sebagai Komandan Lantamal I Belawan dengan pangkat bintang di pundak pecah jadi Laksamana Pertama. Setahun kemudian mendapat kepercayaan jabatan sebagai Kepala Staf Koarmabar.


Selanjutnya ia mendapat promosi jabatan Laksamana Muda sebagai Pangkolinlamil (2017-2018) dan Pangkoarmabar pada 2018.


Di tahun itu, terjadi validasi organisasi perubahan nama Armada TNI AL menjadi armada bernomor dan Pangkoarmada I diberikan kepercayaan kepada Laksda Yudo Margono.


Setelahnya ia menjabat sebagai Pangkogabwilhan I dengan pangkat Bintang tiga (Laksamana Madya).


Setahun menjabat sebagai Pangkogabwilhan I, Yudo kemudian dilantik Presiden Joko Widodo menjadi KSAL pada 2020 hingga sebelum dipilih jadi Panglima TNI. (yoa/cnn)