Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi EPL, Brighton VS Arsenal: Ego Sang Pemuncak (LIVE VIDIO MINGGU DINI HARI PUKUL 00.30 WIB)

Sabtu, 31 Desember 2022 | 13:07 WIB Last Updated 2022-12-31T06:07:47Z

ARN24.NEWS --
Saat ini posisi Arsenal memimpin klasemen sementara di Liga Inggris 2022/2023. Hanya saja The Gunners diingatkan agar melawan ego demi mempertahankan posisi saat bertandang ke markas Brighton di Amex Stadium, Minggu (1/01/2023) pukul 00.30 WIB. 

Arsenal masih butuh kemenangan dari laga ini untuk memperlebar jarak dengan Manchester City. Puncak klasemen EPL memang bisa dipastikan akan tetap dipegang oleh The Gunners setidaknya hingga pekan depan. Namun, saat ini, tim asuhan Arteta hanya unggul 5 angka atas Man City yang berada di perangkat 2. 

Di sisi lain, Brighton yang menempati peringkat 7 di klasemen EPL terbaru (24 poin) punya potensi merepotkan Arsenal. Dalam pertemuan terakhir kedua tim, yakni saat putaran 3 Carabao Cup pada 11 November 2022 lalu, Brighton mampu menang 1-3 di markas Arsenal, Stadion Emirates. 

Sejauh ini absennya Gabriel Jesus merupakan kehilangan besar bagi Arsenal. Pasalnya, peran Jesus cukup signifikan dalam mengangkat The Gunners ke puncak klasemen sementara EPL 2022/2023. Dari 14 kali tampil musim ini, Jesus telah mengukir 5 gol dan 5 assist. 

Akan tetapi, ketiadaan Jesus juga bukan persoalan yang berlarut bagi Arsenal. Tim besutan Mikel Arteta itu segera menemukan jalan keluar melalui Eddie Nketiah. Status Nektiah yang selama ini hanyalah pelapis rupanya tidak memengaruhi kualitasnya beraksi di atas lapangan. 

Ketika Nketiah dipercaya tampil sebagai starter di laga melawan West Ham, ia bisa mencetak 1 gol dan mencatatkan 4 kali shots. Nketiah sebenarnya tipikal penyerang yang berbeda dengan Gabriel Jesus. Jesus unggul dalam hal dribbling dan berkontribusi signifikan dalam aspek defensif, demikian mengutip whoscored. 

Ada pun nilai plus Nketiah adalah dari segi finsihing untuk mencetak gol. "Dia (Nketiah) anak yang sangat percaya diri, tapi mudah-mudahan, itu (penampilan Nektiah vs West Ham) bisa memberinya lebih banyak kepercayaan diri tentang apa yang dia mampu lakukan, jika dia ragu," kata Mikel Arteta, 
dikutip dari laman resmi Arsenal. 

Arsenal tentu mengemban misi merebut 3 poin di kandang Brighton. The Gunners masih punya kepentingan mempertahankan peringkat 1. Sebanyak 40 poin yang sudah dihimpun Arsenal saat ini belum dapat membuat mereka bernapas lega. Manchester City masih konsisten mengekor di belakang Arsenal. 

The Citizen kini cuma tertinggal 5 angka dari The Gunners. Jarak itu tentu menipis andai The Gunners terjegal akhir pekan ini. Sebagai tuan rumah, Brighton tentu menargetkan hasil terbaik saat berjumpa Arsenal. Tambahan 3 poin akan menjaga Brighton di jalur positif, menyusul keberhasilan mereka di laga terbaru. 

Posisi Brighton memang cenderung menurun di klasemen dibanding saat awal musim yang sempat bercokol di empat besar. Kini, The Seagulls cuma mendiami peringkat 7. Namun, hal tersebut tak membuat status kuda hitam Brighton lantas hilang. Kepercayaan diri Brighton sedang terangkat usai berhasil menumbangkan Southampton lewat skor telak 1-3. 

Hasil ini merupakan modal berharga bagi Brighton, meski terdapat beberapa kelemahan yang harus dibenahi. “Masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki dalam hal penguasaan bola, ruang pertahanan dan build-up jadi kami harus terus belajar," ujar Roberto De Zerbi, juru taktik The Seagulls, dalam rilis resmi Brighton.

Catatan ARN24.NEWS 
 
Melihat posisi di klasemen, Arsenal layak diunggulkan meski main tandang. Namun, melihat catatan negatif mereka kontra Brighton, The Gunners tetap perlu waspada. Arsenal selalu gagal menang dalam tiga pertemuan terakhir dengan Brighton di semua kompetisi. Itu termasuk kekalahan dari pasukan Roberto De Zerbi ketika berjumpa di putaran ketiga EFL Cup/Carabao Cup musim ini.

Waktu itu, Arsenal kalah 1-3, dan di kandang sendiri pula. Arsenal kalah oleh gol-gol Danny Welbeck, Kaoru Mitoma, dan Tariq Lamptey meski unggul terlebih dahulu melalui gol Eddie Nketiah.

Pada laga sebelumnya, Brighton dan Arsenal sama-sama meraih kemenangan. Brighton menang 3-1 di kandang Southampton lewat gol-gol Adam Lallana dan Solly March, serta bunuh diri pemain lawan. Sementara itu, Arsenal menang 3-1 menjamu West Ham.

Data head to head (H2H) Brighton vs Arsenal dalam 5 pertemuan terakhir menunjukkan kedua tim terbilang imbang. Baik Brighton maupun Arsenal belum ada yang terlihat mendominasi. Kedua kubu masing-masing telah saling mengalahkan sebanyak 2 kali. Sementara 1 laga sisanya berakhir dengan 
kedudukan sama kuat.

Skema 4-2-3-1 berpotensi akan diusung Brighton saat menjamu Arsenal. Pos penyerang tunggal akan diisi oleh Leandro Trossard. Dia dapat didukung oleh Adam Lallana yang beroperasi tepat di belakangnya. Formasi serupa juga berpeluang dipakai oleh Arsenal. The Gunners diprediksi memasang Nketiah sebagai ujung tombak. Nketiah bisa disokong oleh Odegaard, kreator permainan dan pengumpan andalan Arsenal.

Brighton tak terkalahkan dalam 3 laga terakhirnya melawan Arsenal di semua kompetisi. Brighton baru menang 7 kali di Premier League musim ini. Brighton memenangi 3 dari 4 laga terakhirnya di Premier League. Brighton selalu mencetak minimal 3 gol dalam 3 dari 4 laga terakhirnya di Premier League.
Brighton cuma menang 1 kali dalam 4 laga kandang terakhirnya di Premier League. 

Arsenal sudah menang 13 kali dan baru kalah 1 kali di Premier League musim ini. Arsenal menang 8 kali dan tak terkalahkan dalam 9 laga terakhirnya di Premier League. Arsenal selalu menang dalam 4 laga terakhirnya di Premier League.

Arsenal selalu mencetak minimal 2 gol dalam 3 dari 4 laga terakhirnya di Premier League. Arsenal mencatatkan 3 clean sheet dan cuma kebobolan total 1 gol dalam 4 laga terakhirnya di Premier League. Arsenal selalu menang tanpa kebobolan dalam 2 laga tandang terakhirnya di Premier League: 1-0 vs Chelsea, 2-0 vs Wolverhampton.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Brighton (4-2-3-1): Sanchez; Estupinan, Colwill, Dunk, Veltman; Gross, Gilmour; Mitoma, Lallana, March; Trossard. (Pelatih: Roberto De Zerbi) 

Arsenal (4-2-3-1): Ramsdale; Zinchenko, Magalhaes, Saliba, White; Xhaka, Partey; Martinelli, Odegaard, Saka; Nketiah. (Pelatih: Mikel Arteta) 

HEAD TO HEAD: 
Brighton menang: 4
Seri: 3
Arsenal menang: 3.

5 PERTEMUAN TERAKHIR: 
10-11-2022 Arsenal 1-3 Brighton (EFL Cup)
09-04-2022 Arsenal 1-2 Brighton (EPL)
02-10-2021 Brighton 0-0 Arsenal (EPL)
23-05-2021 Arsenal 2-0 Brighton (EPL)
30-12-2020 Brighton 0-1 Arsenal (EPL).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR BRIGHTON: 
05-11-22 Wolverhampton 2-3 Brighton (EPL)
10-11-22 Arsenal 1-3 Brighton (EFL Cup)
13-11-22 Brighton 1-2 Aston Villa (EPL)
22-12-22 Charlton 0-0 Brighton (EFL Cup)
26-12-22 Southampton 1-3 Brighton (EPL).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR ARSENAL: 
04-11-22 Arsenal 1-0 Zurich (UEL)
06-11-22 Chelsea 0-1 Arsenal (EPL)
10-11-22 Arsenal 1-3 Brighton (EFL Cup)
13-11-22 Wolverhampton 0-2 Arsenal (EPL)
27-12-22 Arsenal 3-1 West Ham (EPL).

STATISTIK: 
BRIGHTON Menang: 27%
Imbang: 27%
ARSENAL Menang: 46%
SKOR: 1 - 2 (1/2 : 0). (nt/sumber)