Notification

×

Iklan

Iklan

Tol Tebing Tinggi-Indrapura Bakal Dioperasikan Saat Nataru 2023

Sabtu, 03 Desember 2022 | 03:10 WIB Last Updated 2022-12-02T20:10:57Z

Ilustrasi. Tol Tebing Tinggi-Indrapura Bakal Dioperasikan Saat Nataru 2023. (Foto: Istimewa)


ARN24.NEWS
– Ruas Tol Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km di Sumatera Utara (Sumut) akan difungsionalkan untuk melayani arus mobilisasi Natal dan Tahun Baru 2022-2023.


Tebing Tinggi-Indrapura merupakan Seksi 1 bagian dari Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat yang memiliki panjang tol 103,52 km.


Soal pengoperasian ruas tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono pada kegiatan Kunjungan Spesifik Komisi V DPR RI ke Sumut pada Rabu (30/11/2022).


Berdasarkan progres konstruksi dan kondisi di lapangan, Triono Junoasmono menilai, Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sudah layak dilewati pengendara meski hanya sementara.


Fungsionalisasi tol ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan pengguna jalan di saat liburan atau arus mudik Nataru nanti.


"Secara prinsip Tol Tebing Tinggi-Indrapura ini akan coba kita fungsionalkan pada Desember 2022 untuk arus Natal dan Tahun Baru," jelas pria akrab disapa Yongki itu dikutip dari laman Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.


Selanjutnya, dia akan berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait kepastian tanggal buka dan tutup ruas tol tersebut.


Selain itu juga mendorong pembuatan posko bersama, penambahan gerbang tol, rest area, penambahan personil, termasuk personel asistensi isi ulang saldo kartu tol elektronik.


"Rencana tindak lanjut tersebut penting untuk kita jalankan karena diperkirakan akan terjadi lonjakan pengguna jalan," tandasnya.


Ruas Tol Tebing Tinggi-Indrapura merupakan Seksi 1 dari trase jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat yang sedang proses konstruksi. (kmp/ans)