Notification

×

Iklan

Iklan

Hasil AFF: Kalah Telak STY Minta Maaf

Selasa, 10 Januari 2023 | 12:31 WIB Last Updated 2023-01-10T05:31:04Z

ARN24.NEWS --
Timnas Indonesia gagal melaju ke final Piala AFF 2022. Pasukan Shin Tae-yong dipaksa menyerah dua gol tanpa balas dari Vietnam di semifinal leg kedua, Senin (9/1/2023) malam. Hasil ini membuat Timnas Indonesia kalah agregat 0-2. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 0-0 dalam laga leg pertama di Jakarta, Jumat (6/1/2023).

Timnas Indonesia harus kembali mengubur mimpi meraih gelar juara untuk pertama kali di Piala AFF. Sejak pertama kali digulirkan pada 1996, Garuda hanya bangga dengan "torehan" enam kali runner-up. Kekalahan 0-2 di markas Timnas Vietnam, Senin (9/1/2023) memang cukup menyakitkan. Bola.com menganalisis dua penyebab utama kekalahan itu.

Fokus para pemain Timnas Indonesia terutam para pemain di lini belakang patut disayangkan pada laga ini. Kehilangan fokus itu menyebabkan dua gol Nguyen Tien Linh bersarang di gawang Nadeo Argawinata.

Pada gol kedua, fokus kembali hilang dari para pemain belakang Timnas Indonesia. Mereka tampak saling memandang ketika Tien Linh mampu melompat dan menaduk masuk bola ke dalam gawang.

Satu lagi faktor yang menyebabkan kekalahan Timnas Indonesia adalah tumpulnya pemain Garuda ketika berada di pertahanan Vietnam. Pada laga ini ada sembilan upaya tembakan yang dilepaskan Dendy Sulistyawan dkk. Namun, tak ada satu pun yang mengarah dan membahayakan gawang Dang Van Lam.

Variasi serangan Timnas Indonesia juga sangat minim. Para pemain kreatif yang ada di lini tengah Timnas Indonesia seperti Marc Klok, Marselino Ferdinan, dan Witan Sulaeman tak bisa berbuat banyak.
Terpisah, Shin Tae Yong minta maaf kepada suporter Timnas Indonesia setelah dikalahkan Vietnam 0-2 pada leg 2 semifinal Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Hanoi. 

Shin Tae Yong mengaku telah mengecewakan suporter Timnas Indonesia. Itu sebabnya pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkan permintaan maaf.

"Kami masih harus melakukan banyak pekerjaan untuk memajukan sepak bola Indonesia. Mengenai hasil ini, saya minta maaf kepada seluruh suporter Indonesia. Jelas kami mengecewakan suporter kami," ujar Shin Tae Yong.

Lebih lanjut Shin Tae Yong juga mengomentari kondisi lapangan My Dinh. STY mengaku para pemain Timnas Indonesia belum sepenuhnya beradaptasi dengan lapangan My Dinh.

"Vietnam sudah terbiasa bermain di stadion ini, sedangkan kami masih merasa asing. Selain itu kami juga tidak beradaptasi dengan baik hari ini. Saat SEA Games kami bermain di sini dan lapangannya lebih baik dari sekarang. Di leg pertama kami bermain bagus di atas rumput indah Stadion GBK," ujar STY. (cnn/nt)