Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi Supercopa, Real Betis VS Barcelona: Dinanti El Real....(LIVE RCTI JUMAT DINI HARI PUKUL 02.00 WIB)

Kamis, 12 Januari 2023 | 15:11 WIB Last Updated 2023-01-12T08:11:26Z

ARN24.NEWS --
Barcelona lebih diunggulkan dalam laga melawan Real Betis. Blaugrana 4 kali meraih kemenangan berbanding 1 kekalahan. Akan tetapi, Betis menjadi lawan merepotkan dalam dua pertemuan terakhir. Di perjumpaan terkini pada Mei 2022 lalu, laga Betis vs Barca berlangsung dramatis. Kedua tim bermain sama kuat dalam 90 menit. Barcelona baru mencuri kemenangan di menit injury time lewat gol Jordi Alba menit 90+4’.

Di semifinal Supercopa Espana kali ini kedua tim kembali bersua untuk memperebutkan satu tiket yang telah diraih Real Madrid. Pertarungan itu sendiri digelar di King Fahd International Stadium, Jumat (13/1/2023) pukul 02.00 WIB. Barcelona berpeluang merengkuh trofi perdana mereka di era Xavi pada pekan ini, andai bisa memenangi 2 laga Piala Super Spanyol yang hanya berjarak 3 hari. 

Namun, sebelum berpikir soal final, tempat mereka bertemu pemenang Valencia kontra Real Madrid, terlebih dahulu Blaugrana mesti memikirkan partai semifinal kontra Betis yang ada di depan mata. Dalam laga ini, Barcelona dipastikan kembali mengadalkan Robert Lewandowski yang baru saja selesai menjalani skors di LaLiga Spanyol. 

Sang penyerang internasional Polandia telah mencetak 18 gol dalam 20 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Kepercayaan Barca juga dipengaruhi hasil LaLiga pekan lalu, usai menundukan Atletico Madrid lewat skor tipis 0-1. Hasil itu sekaligus membuat Blaugrana megoleksi 41 poin dan mengamankan posisi puncak dari Real Madrid (38 poin). Di sisi lain, Real Betis berpeluang memberi perlawanan sengit. Tim berjuluk Los Verdiblancos tersebut sejauh ini tampil cukup baik di LaLiga, dengan memanaskan persaingan zona Liga Champions. 

Kubu Benito Villamarin saat ini berada di posisi 4 LaLiga dengan mengoleksi 28 poin. Barcelona datang ke Supercopa de Espana dengan status runner-up LaLiga musim lalu. Sebaliknya, Real Betis merupakan juara Copa del Rey musim kemarin. Selain Barcelona dan Betis, laga semifinal lain mempertemukan Real Madrid (juara LaLiga) dan Valencia (runner-up Copa del Rey). 

Skuad Blaugrana dipastikan fit nyaris tanpa ada pemain yang absen cedera atau hal lainnya. Barca juga berpeluang langsung memainkan pemain inti. Lewandowski dan Jordi Alba berpeluang tampil Keduanya absen membela Barcelona saat meladeni perlawanan sengit Atletico pekan lalu. 
Di sisi lain, Blaugrana telah ditunggu jadwal padat selama Januari ini. Jika pun lolos ke final Supercopa, 4 hari berselang mereka harus melakoni Copa del Rey. 

Setelah itu, 3 hari kemudian Barca telah ditunggu LaLiga. Menanggapi jadwal padat tersebut, Xavi Hernandez pada Desember lalu pernah mengungkapkan, bahwa perburuan LaLiga menjadi ambisi utamanya dibanding kompetisi lain, termasuk Liga Europa. Barca belum pernah memenangkan LaLiga sejak terakhir 2019 silam. 

“Kami memiliki Supercopa (Spanyol) pada bulan Januari dan Copa del Rey dan Liga Europa juga akan datang, tetapi liga (Spanyol) ditandai (diutamakan) musim ini,” ujarnya dikutip ESPN. 

Ambisi besar Xavi dengan memprioritaskan LaLiga juga didukung pada faktor masalah keuangan klub yang menimpa Barca beberapa tahun terakhir. Xavi menempatkan LaLiga lebih besar dari kompetisi lain demi menunjang proyek masa depan Barca. 

"Jika kami memenangkan LaLiga, misalnya, itu akan menjadi musim yang bagus. Jika kami hanya memenangkan Supercopa, kami kalah. Kami ingin memenangkan segalanya, tetapi LaLiga akan memberi klub dan proyek stabilitas," tuturnya. 

Di luar itu, Supercopa menjadi peluang paling realistis bagi Barca untuk mendapatkan gelar musim ini. Barcelona dalam 3 musim terakhir hanya memenangi Copa del Rey pada 2020/2021. Sedangkan terakhir Barca memenangi Supercopa pada 2018 lalu. Misi setengah hati Barcelona bisa saja dimanfaatkan sang lawan, Real Betis yang berambisi memenangkan Supercopa, sekaligus menjadi kesempatan mereka kembali menambah gelar usai Copa del Rey pada musim lalu. Pelatih Real Betis, 
Manuel Pellegrini, memandang Barcelona dan Real Madrid sebagai calon lawan 
tangguh. 

Kedua tim tersebut tampil dominan dalam perebutan Supercopa, Barcelona 13 gelar dan Madrid 12 gelar. Sedangkan Real Betis hanya sekali menjadi runner-up. Eks pelatih Real Madrid dan Manchester City ini berambisi untuk menghentikan dominasi kedua raksasa LaLiga. 

“Yang akan sulit karena kehadiran tim penting seperti Barcelona dan Real Madrid. Tapi kami memiliki kesempatan untuk melawan mereka, jadi kami akan mencari kemenangan Kamis depan (pekan ini) melawan Barça," ujarnya usai laga terakhir melawan Rayo Vallecano.

Catatan ARN24.NEWS
 
Pada edisi sebelumnya, Barcelona langsung tersingkir di semifinal. Waktu itu, Barcelona kalah 2-3 dari Real Madrid lewat extra time. Betis dan Barcelona sama-sama punya modal bagus untuk duel di Riyadh. Sebab, mereka baru meraih kemenangan di ajang La Liga.

Di laga terakhirnya itu, Betis mengalahkan tuan rumah Rayo Vallecano 2-1. Satu gol didapatkan dari bunuh diri pemain lawan, sedangkan satu gol lainnya dicetak oleh Luiz Henrique. Sementara itu, Barcelona menang 1-0 di markas Atletico Madrid. Gol tunggal Ousmane Dembele membuat Barcelona memimpin klasemen dengan keunggulan tiga poin atas Real Madrid.

Betis kerap inferior di hadapan Barcelona. Dalam tujuh pertemuan terakhir dengan Barcelona, Betis menelan enam kekalahan dan cuma mampu mencuri satu kemenangan. Dari situ, bisa dilihat siapa yang bakal lebih difavoritkan menang dan lolos untuk menghadapi Real Madrid di final.

Real Betis diprediksi akan kehilangan Alex Moreno yang akan merampungkan kepindahan ke Aston Villa. Selebihnya, Los Verdiblancos berpeluang menurunkan skuad inti, dengan mengandalkan Borja Iglesias pengoleksi 8 gol di LaLiga musim ini. Di kubu lawan, Barcelona berpeluang memainkan kembali Lewandowski dan Jordi Alba yang pada pekan sebelumnya menjalani skors. 

Keduanya tentu prima untuk langsung diturunkan. Daya gedor Lewandowski akan kemungkinan disokong Dembele dan Rafinha di sektor penyerangan sayap. Betis cuma kalah 1 kali dalam 8 laga terakhirnya di semua kompetisi. Betis selalu menang dan selalu mencetak minimal 2 gol dalam 2 laga terakhirnya di semua kompetisi.

Barcelona menang 6 kali dan tak terkalahkan dalam 7 laga terakhirnya di semua kompetisi. Barcelona cuma mencatatkan 2 clean sheet dalam 6 laga terakhirnya di semua kompetisi. Barcelona memenangi 6 dari 7 laga terakhirnya melawan Betis di semua kompetisi. Barcelona selalu mencetak minimal 2 gol dalam 9 dari 10 laga terakhirnya melawan Betis di semua kompetisi. Barcelona selalu gagal clean sheet dalam 8 laga terakhirnya melawan Betis di semua kompetisi.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Real Betis (4-2-3-1): Bravo; Ruibal, Pezzella, Gonzalez, Miranda; Carvalho, Rodriguez; Joaquin, Canales, Juanmi; Iglesias. (Pelatih: Manuel Pellegrini) 

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Kounde, Garcia, Christensen, Alba; Gavi, Busquets, Pedri; Dembele, Lewandowski, Fati. (Pelatih: Xavi) 

5 PERTEMUAN TERAKHIR: 
08-05-2022 Betis 1-2 Barcelona (La Liga)
04-12-2021 Barcelona 0-1 Betis (La Liga)
08-02-2021 Betis 2-3 Barcelona (La Liga)
07-11-2020 Barcelona 5-2 Betis (La Liga)
10-02-2020 Betis 2-3 Barcelona (La Liga).

5 LAGA TERAKHIR REAL BETIS: 
07-11-22 Betis 1-1 Sevilla (La Liga)
11-11-22 Valencia 3-0 Betis (La Liga)
30-12-22 Betis 0-0 Bilbao (La Liga)
05-01-23 Ibiza Islas Pitiusas 1-4 Betis (Copa del Rey)
08-01-23 Rayo 1-2 Betis (La Liga).

5 LAGA TERAKHIR BARCELONA: 
06-11-22 Barcelona 2-0 Almeria (La Liga)
09-11-22 Osasuna 1-2 Barcelona (La Liga)
31-12-22 Barcelona 1-1 Espanyol (La Liga)
05-01-23 Intercity 3-4 Barcelona (Copa del Rey)
09-01-23 Atletico 0-1 Barcelona (La Liga).

STATISTIK: 
REAL BETIS Menang: 15%
Imbang: 15%
BARCELONA Menang: 70%
SKOR: 1 - 2 (1 1/4 : 0). (nt/sumber)