Notification

×

Iklan

Iklan

Stiven Wijaya Beri Konseling dan Kenalkan Jurusan Kampus ke Siswa SMA

Selasa, 17 Januari 2023 | 10:54 WIB Last Updated 2023-01-17T03:54:48Z

Stiven Wijaya memberikan motivasi ke siswa untuk persiapan masuk kampus. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Persiapan masuk kampus mulai dilakukan sejumlah sekolah. Salah satunya yang terlihat di SMAs Dr Wahidin Sudirohusodo Medan yang dihadiri 300 siswa kelas XII. 


Sekolah ini melakukannya bersama Institut Teknologi Bisnis (ITB) Carnegie, yang membuat sejumlah kegiatan mulai dari sesi diskusi konseling masuk kampus hingga seminar motivasi. 


"Seminar ini bersifat aktif. Jadi sebelum dimulai, semuanya harus respon ya," ucap Stiven Wijaya, Rektor ITB Carnegie, dalam siaran pers diterima redaksi, Selasa (17/12023).


Stiven memberikan motivasi tentang bagaimana siswa harus bisa menetapkan pilihan untuk masa depannya. Mereka harus mulai mengerti kemana harus melangkah setelah tamat SMA. Misalnya dalam pemilihan kampus dan jurusan kuliah. 


"Kami buat dengan mengadakan diskusi konseling, dengan menggali concern yang diminati anak-anak," tutur dia. 


Beberapa hasil diskusi mengatakan, ada beberapa jurusan yang menjadi minat peserta. Antara lain, kedokteran, manajemen, bisnis, teknologi informasi, sistem informasi, dan wirausaha. 


"Kegiatan seperti ini juga menjadi role model yang bagus untuk memotivasi siswa," kata Waka Kesiswaan SMAs Dr Wahidin Sudirohusodo Medan, Zainal Arifin. 


Dia menerangkan, selain memantapkan dari segi pemahaman jurusan dan kampus, pihaknya kerap melakukan try out berbasis komputer. 


"Sifatnya tidak begitu rutin. Sekali atau dua kali sebulan. Sebagai pemantik saja. Karena kalau sering, anak anak terbebani banyak materi," ungkapnya. 


Dia berharap, siswa kelas XII bisa memantapkan pilihan jurusan kampusnya setelah tamat SMA. 


"Dimanapun mereka melangkah, sekolah pasti membimbing. Sekolah memberikan atensi besar bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah ke universitas," tutupnya. (sh)