Notification

×

Iklan

Iklan

2 Kurir Asal Aceh Cuma Diupah Rp 2 Juta Antar 15.000 Butir Ekstasi ke Medan

Selasa, 14 Februari 2023 | 21:57 WIB Last Updated 2023-02-14T14:59:15Z

Dua saksi polisi dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut yang dihadirkan dalam perkara narkotika jenis Pil Ekstasi sebanyak 15.000 butir dengan 2 twrdakwa asal Aceh. (Ist)

ARN24.NEWS
– Dua terdakwa kurir narkotika jenis pil ekstasi sebanyak 15.000 butir menjalani sidang perdana dengan agenda dakwaan dan keterangan 2 saksi polisi dari Polda Sumut yang berlangsung di Ruang Cakra 6 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (14/2/2023) petang.


Kedua terdakwa yakni Sabirin Alias Birin (31) warga Dusun Antara Kelurahan Timbang Langsa Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa  Aceh, dan Rahmad Akbar alias Rahmad (30) warga Dusun Ule Blang Desa Blang Batee Kecamatan . Peureulak Kabupaten Aceh Timur / Jalan Meunasah Tuha Lorong Kantor Geuchik Desa Paya Bujok Kecamatan Langsa Baru Kota Langsa Aceh.


Jaksa penuntut umum (JPU) Sri Delyanti dalam dakwaannya menyatakan, kedua terdakwa Sabirin alias Birin dan Rahmad Akbar alias Rahmad (dituntut secara terpisah)

ditangkap personel Ditresnarkoba Polda Sumut pada, Rabu 30 November 2022 sekira pukul 12.30 WIB di Jalan Brigjen Katamso Kelurahan Aur Kecamatan. Medan Maimun Kota Medan.


"Dari kedua terdakwa polisi menemukan barang bukti 15 ribu butir pil ekstasi dengan rincian 11 bungkus plastik bening tembus pandang berisi 11.000 butir ekstasi warna biru dengan berat seluruhnya 4.510 gram dan

4 bungkus plastik bening tembus pandang berisi 4.000 butir ekstasi warna kuning dengan berat keseluruhan 1.640 gram," jelas JPU.


Dari dakwaan JPU di hadapan majelis hakim diketuai Martua Sagala dan penasehat hukum kedua terdakwa juga menyebutkan awalnya Cina alias Jon menghubungi terdakwa Sabirin alias Birin melalui aplikasi whatsapp menyampaikan ada pil ekstasi mau diantar ke Medan.


"Mau gak kau mengantarnya ke Medan,". Lalu terdakwa Birin menjawab mau dan selanjutnya Cina Alias Jon mengatakan nanti kau kukabari lagi dan terdakwa Birin menjawab, "ya".


Kemudian, mendapatkan tawaran

itu terdakwa Sabirin menjumpain

terdakwa Rahmad alias Rahmad dengan mengatakan ada ekstasi mau dibawa ke Medan. 


"Mau kau gak ikut ngantar dan dijawab terdakwa Rahmad, "Mau". Lalu terdakwa Birin mengatakan kepada terdakwa Rahmad "kau cari mobil rental besok pagi kita berangkat ke Medan," katanya.


Singkat cerita, setelah semuanya selesai terdakwa Sabirin menghubungi Cina alias Jon, lalu mengatakan pil ekstasinya ada 15 ribu butir.


"Kalian antarkan ke Medan dan setelah kalian sampai di Medan, baru saya kirim nomor handphone yang menerimanya, uang jalan kalian Rp 2 juta," kata Jon.


Kedua terdakwa berangkat ke Madan dengan mengendarai mobil rental Toyota Calya warna Hitam BK-1334-HO yang disupiri oleh Rahmad Akbar alias Rahmad dengan membawa narkotika pil ekstasi tersebut yang diletakkan di bagian tengah tepatnya di bawah jok tengah mobil sebelah kiri.


Selanjutnya setelah tiba di Kota Binjai terdakwa Birin bersama Rahmad masuk melalui pintu Tol Binjai dan keluar dari pintu Tol Helvetia hingga ke parkiran Komplek Centrium Business Centre.


Pada saat terdakwa Birin bersama Rahmad parkir sambil menunggu arahan Cina alias Jon, tiba-tiba beberapa orang laki-laki yang mengaku petugas polisi menggerebek terdakwa Sabirin bersama Rahmad.


Ketika dilakukan pengeledahan 

dari dalam mobil tersebut, polisi menemukan barang bukti 11 bungkus plastik bening tembus pandang berisi 11.000 butir ekstasi warna biru dan 4 bungkus plastik bening tembus pandang berisi 4.000 butir ekstasi warna kuning.


"Perbuatan kedua terdakwa sebagaimana diatur dan diancam Pidana melanggar Pasal 114 Ayat (2) atau kedua diatur dan diancam Pidana melanggar Pasal 112Ayat (2) Uundang-Undang RI Nomor : 35 tahun 2009 Tentang Narkotika jo. Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana," bilang JPU.


Usai pembacaan dakwaan, kemudian majelis hakim Martua Sagala melanjutkan sidang untuk mendengar keterangan dua saksi personel polisi dari Ditresnarkoba Polda  Sumut masing-masing bernama Yuda dan Bagus, yang mengaku menangkap kedua terdakwa.


Kedua terdakwa yang ditanya majelis hakim membenarkan dakwaan JPU dan keterangan kedua saksi yang dihadirkan ke persidangan.


"Sidang kita tunda hingga pekan depan dengan agenda keterangan kedua terdakwa," tutup majelis hakim sembari mengetukkan palunya. (sh)